Ticker

6/recent/ticker-posts

Warga Mulyasari Sulap Lahan Tidur Jadi Alun-alun

(Foto: Yuda Muhtar/Bogor24.id)



Penulis: Yuda Muhtar
Editor: Donni Andriawan S.


HARJASARI, Bogor24.id -- Siapa yang menyangka jika salah satu wilayah di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, juga mempunyai alun-alun seperti yang ada di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Tapi, faktanya memang demikian. Sebab, di Kampung Mulyasari RT 03/10, Kelurahan Harjasari ini memang memiliki fasilitas publik tersebut.

Meskipun secara luas tidak terlalu besar dan kelengkapan fasilitasnya tidak sebanyak seperti yang terdapat di Alun-alun Kota Bogor, tetapi setidaknya tempat yang satu ini menjadi semacam miniatur alun-alun yang bahkan ke depannya direncanakan akan menjadi Alun-alun Harjasari.

Seperti diceritakan Ketua RW 10 TB Sopian Hadi kepada Bogor24.id, Sabtu (8/1/2022), bahwa lahan yang digunakan sebagai alun-alun itu milik pihak swasta yang ada wilayah  mereka dan telah diizinkan untuk digunakan oleh warga setempat supaya lebih bermanfaat. Ketimbang hanya terbengkalai menjadi "lahan tidur".

"Setelah melalui komunikasi dan pendekatan, Alhamdulillah akhirnya pemilik lahan mengizinkan kami untuk menggunakannya. Dan jadilah seperti sekarang ini menjadi Alun-alun Mulyasari," kata Sopian.

Walau begitu, terangnya, tidak mudah untuk menyulap lahan kosong itu hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Selain karena luasnya lahan dan tingginya semak belukar juga lantaran banyaknya tanaman liar yang tumbuh di sana.

"Tapi, bersyukur dengan kekompakan dan kesadaran warga di sini akhirnya pelan-pelan bisa bersih dan diselesaikan. Sampai sekarang pun masih terus dilakukan pembenahan dan melengkapi satu per satu fasilitasnya," papar Sopian.

Selain menjadi ruang terbuka hijau, masih kata Sopian, kini alun-alun itu menjadi spot favarit warga setempat untik melakukan beragam aktivitas. Dari hanya sekadar menjadi tempat bermain bagi anak-anak, di lokasi ini pun tempat berkumpulnya warga seperti berdiskusi atau menikmati senja.

"Harapannya semoga saja alun-alun ini bisa memberikan lebih banyak lagi manfaat dengan fasilitas-fasilitas yang akan terus kita lengkapi. Seperti sekarang, kami sedang membuat empat buah meja lipat yang nanti bisa digunakan warga untuk macam-macam kegiatan di sini," ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar