Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemindahan Pusat Pemerintahan Kota Bogor Dimulai 2022

(Foto: Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan secepat mungkin untuk merelokasi pusat pemerintahan baru dari yang ada saat ini. Rencananya, bakal lokasi ini dibangun di lahan hibah aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang berada di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Untuk tahap awal di 2022 ini, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan, Pemkot Bogor akan membuat Detail Engineering Design (DED) untuk lokasi pusat pemerintahan baru yang rencananya akan berdiri di atas lahan seluas enam hektar.

"Tahun ini akan dibuat dulu desainnya. Setelah itu kami rencanakan untuk melakukan cut and field atau perataan dan pemadatan lahan. Semoga di 2022 ini anggarannya bisa masuk di anggaran perubahan nanti," kata Dedie belum lama ini.

Proses pemindahan pusat pemerintahan baru Kota Bogor tersebut, ujarnya, diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat tahun ke depan.

Ada pun pemindahan pusat pemerintahan itu diharapkan Kota Bogor memiliki sentra layanan publik yang representatif dengan kantor yang memadai. 

“Jangan kayak sekarang. Kantor pemerintahan ada yang lokasinya di gang, di perumahan, bekas hibah rumah dinas. Jadi banyak yang belum representatif dan tidak sesuai kebutuhan. Insya Allah ke depan kita perbaiki,” ucap Dedie.

Meski demikian, dia menegaskan Balai Kota Bogor tidak akan ikut direlokasi atau tetap akan berada di Jalan Ir Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Pemindahan pusat pemerintahan hanya dilakukan pada kantor-kantor dinas yang saat ini kurang representatif untuk melayani kebutuhan masyarakat.

"Karena lokasi calon pusat pemerintahan baru Kota Bogor ini cukup strategis. Bisa melalui Tol Jagorawi atau melalui Jalan Regional Ring Road (R3). Semoga saja semua proses bisa berjalan lancar dan sesuai yang kami harapkan agar masyarakat juga bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan," paparnya.

Posting Komentar

0 Komentar