Ticker

6/recent/ticker-posts

Harjasari Mulai Vaksinasi Booster, Lurah Jadi yang Pertama


(Foto-foto: Istimewa)


Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

HARJASARI, Bogor24.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah memulai penyuntikan vaksin booster Covid-19, Kamis (13/1/2022). Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) disiapkan sebanyak 25 Puskesmas dan 68 kelurahan untuk pelaksanaan pemberian vaksin dosis ketiga itu.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster ini termasuk di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, yang berlokasi di Bale Gedong, RW 07. Namun, di sini disediakan pula vaksin untuk dosis pertama dan kedua yang masing-masing menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Lurah Harjasari Arief Hidayat menuturkan, pada pelaksanaan vaksinasi kali ini menerjunkan para kader dan pengurus di wilayah untuk membantu para petugas kesehatan dari Puskesmas Lawanggintung.

"Jadi, selain penyuntikan vaksin booster sekaligus juga masih melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua. Karena, memang masih adanya sebagian kecil warga yang belum dengan alasan berupa kesehatan atau penyakit komorbidnya," jelas Arief.


Secara rinci dia menyebutkan, untuk vaksinasi dosis pertama dengan jenis vaksin Sinovac tercatat ada 14 orang. Dengan rincian 11 anak-anak, dua remaja dan satu lansia. Sedangkan untuk booster ada tiga orang dan kalangan umum tiga orang.

Sementara untuk jenis vaksin AstraZeneca dosis kedua, Arief mengatakan ada empat orang yang terdiri dari satu remaja dan tiga lainnya umum.

"Untuk booster sendiri yang sudah divaksin tercatat ada 24 orang. Yaitu terdiri dari 15 pelayan publik dan sembilan lainnya lansia," ungkap Arief.

Dari hasil pelaksanaan vaksinasi booster itu, dirinya mengimbau warga untuk segera mendatangi sentra-sentra pelayanan kesehatan. Baik yang diadakan on the spot oleh pihak kelurahan maupun Puskesmas.


"Harapannya tentu saja agar bisa terciptanya kekebalan komunal khususnya di wilayah Harjasari. Ketika ada pelaksanaan vaksinasi jangan sungkan untuk datang. Bila tidak memungkinkan untuk datang pun Insya Allah kami siap menjemput bola kepada warga," paparnya.

Seperti diketahui, vaksin booster di Kota Bogor untuk tahap awal ini diberikan kepada warga lanjut usia (lansia) 60 tahun ke atas, kelompok masyarakat rentan (orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan daya tahan/imunitasnya rendah) dan pelayan publik dengan menggunakan vaksin AstraZeneca.

Posting Komentar

0 Komentar