Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Sederhana Merawat Aki Mobil

(Foto: Moladin)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Ada cukup banyak komponen dalam kendaraan pribadi yang harus diketahui posisi dan kegunaannya, termasuk juga cara perawatannya. Ini untuk menghindari adanya kendala ketika mobil kesayangan akan digunakan segera atau mendadak.

Satu di antaranya adalah baterai atau aki. Apalagi komponen ini yang menunjang kinerja elektrikal dan kelistrikan pada mobil seperti lampu-lampu, alarm, sistem hiburan (audio-video), wiper dan lainnya.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk merawat atau memperpanjang masa pakai aki, dan ini bisa dilakukan langsung oleh pemilik kendaraan. Yang paling utama adalah dengan rajin memanaskan mobil bila jarang digunakan, minimal dua hari sekali.

Sebab, ketika mobil didiamkan atau jarang digunakan akan menyebabkan elemen di dalam aki berkurang setidaknya tiga persen per hari. Terlebih bila menggunakan aki jenis basah yang lebih rentan.

Ketika memanaskan mobil pun, ada baiknya bila sekalian menjalankannya. Tidak perlu jauh atau lama, cukup di sekitar tempat tinggal saja. Cara ini sekaligus juga untuk mengisi alternator mobil supaya dapat bekerja dengan sempurna ketika akan digunakan.

Bila menggunakan aki basah, perhatikan pula kondisi cairan di dalamnnya apakah berkurang atau tidak. Bila kurang tentunya harus ditambah hingga batas level maksimal yang tertera di bagian luar bodi akinya.

Sementara untuk yang aki kering, perhatikan kondisinya dari lubang indikator yang ada di bagian atas aki. Berwarna biru menandakan aki dalam kondisi bagus, di luar warna tersebut mesti dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Hal terakhir yang patut diperhatikan adalah pastikan aki terikat dengan kuat. Lihat dan cek baut pengikatnya, pastikan kencang. Selain itu, periksa juga apakah di kedua kutubnya terdapat kotoran atau kerak yang menumpuk. Bila demikian, bersihkan secara perlahan. Caranya cukup dilap, dan jangan pernah digosok dengan keras.

Oleh karena itu, setiap pemilik mobil wajib untuk rajin memeriksa komponen-komponennya agar kendaraan selalu dalam kondisi prima. Meskipun aki sendiri memiliki usia pakai yang cukup panjang minimal dua tahun. Tapi akan sangat memungkinkan berkurang dari waktu tersebut bila tidak mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang baik.

Posting Komentar

0 Komentar