Ticker

6/recent/ticker-posts

Biskita Transpakuan Berhenti Beroperasi!

(Foto: Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.


CIDANGIANG, Bogor24.id -- Setelah sempat beroperasi melayani warga Kota Bogor selama dua bulan, Biskita Transpakuan berhenti beroperasi sementara waktu hingga setidaknya sebulan ke depan. Berhentinya operasional angkutan massal ini terhitung mulai, Sabtu (1/1/2022).

Informasi itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto kepada wartawan di Halte Biskita Transpakuan, Cidangiang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (2/1/2022).

Dia menyebutkan kepastian itu setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberhentikan operasional Biskita Transpakuan yang masuk ke dalam program Buy The Service (BTS).

"Surat dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang dilayangkan ke operator (PDJT)..Dalam surat itu dijelaskan bahwa masa penghentian itu paling lama satu bulan untuk kemudian dilanjutkan kembali seperti biasa setelah proses e-katalog itu selesai,” kata Bima Arya.

Penyebab berhentinya operasional Biskita Transpakuan, selama sebulan tersebut, Bima Arya menuturkan, dikarenakan adanya kebijakan mendadak Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang akan mengevaluasi program Biskita Transpakuan bersama BPTJ.

Kebijakan yang mendadak tersebut, diakui Bima Arya, membuatnya kecewa. Karena tak ada waktu bagi Pemkot Bogor untuk mengambil langkah antisipasi.

"Terus terang kami kaget dengan kebijakan ini. Karena kebijakan ini terlalu terburu-buru, sehingga kami tidak sempat melakukan langkah-langkah antisipatif," ujarnya.

Atas kebijakan tersebut, Bima Arya memberikan catatan khusus kepada Direktorat Jendral Perhubungan Darat.agar ke depannya administrasi program Biskita Transpakuan bisa diperbaiki.

"Karena ini merugikan konsumen dan Pemkot Bogor. Saya mewakili seluruh kota di Indonesia yang dilayani Biskita memberikan catatan khusus untuk program ini. Dan kami sangat menyesalkan mengapa hal ini terjadi secara mendadak," tegasnya.

Berdasarkan surat yang diterima PDJT dari BPTJ, besar kemungkinan Biskita Transpakuan berhenti beroperasi selama satu bulan ke depan dan akan kembali beroperasi jika proses e-catalog selesai.

Selain itu, penghentian operasional layanan BTS ini pun terjadi di hampir 30 daerah yang ada di Indonesia yang sempat menikmati layanan dari Kementerian Perhubungan tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar