Ticker

6/recent/ticker-posts

Tekan Mobilitas Nataru, 4 Ruas Jalan Tol Terapkan Ganjil Genap


Jalan Tol Bocimi. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menerapkan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat dengan skema ganjil genap plat nomor kendaraan selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Bahkan rencananya akan dilakukan perluasan kebijakan tersebut dengan menerapkannya di empat ruas jalan tol baru. Yaitu Tol Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan-Kanci, Cikampek-Padalarang-Cileunyi dan Bogor-Ciawi-Cigombong.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rencananya aturan tersebut akan diterapkan pada 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 atau mulai pekan ini.

Langkah itu pun mendapatkan dukungan penuh PT Jasa Marga (Persero) selaku operator jalan tol. Hanya saja, belum ada informasi lanjutan terkait waktu dan sanksinya.

"Kami pada prinsipnya akan terus mendukung kebijakan yang diambil dari pemerintah itu," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso belum lama ini.

Sebab, berdasarkan pengalaman, ganjil genap mampu menurunkan tingkat volume lalu lintas atau mobilitas sampai 30 persen dari keadaan normal.

Selain penerapan kebijakan ganjil genap, pemerintah juga akan menerapkan buka tutup tempat istirahat (rest area). Ada pula sistem satu arah (one way), sistem lawan arah (contraflow) serta melakukan tes acak di rest area dan tempat-tempat yang ditetapkan.

"Tapi, untuk saat ini, kami masih melakukan pembahasan bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri," ucap Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

Posting Komentar

0 Komentar