Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebelum "Roadtrip" Liburan Akhir Tahun, Cek Dulu Ban Mobil

(Foto: BPJT)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Liburan menyambut pergantian tahun baru sudah di depan mata, dan banyak orang yang sudah menyiapkan rencana perjalanan untuk melakukan liburan menggunakan kendaraan roda empat kesayangan.

Namun, agar nyaman dan aman di perjalanan ada baiknya untuk memeriksa semua kelengkapan dan kelaikan kendaraan. Ritual tersebut perlu dilakukan supaya selama di perjalanan tidak menemui masalah atau kendala, khususnya dengan alas roda alias ban.

Sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan mempunyai tugas yang berat untuk menopang beban kendaraan dan bobot penumpang, maka pemeriksaan terhadap ban harus dilakukan dengan baik.

Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah kondisi alur atau telapak ban. Pastikan masih dalam keadaan baik dan cukup tebal. Apalagi saat ini dalam kondisi musim hujan yang akan membuat permukaan jalan menjadi lebih licin.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti selip, tergelincir atau bahkan pecah, maka bila memang kondisi ban Anda sudah mulai menipis sebaiknya untuk segera menggantinya dengan yang baru. Pastikan juga ukuran dan mereknya sama.

(Foto: Setia 1 Heri)

Bila hanya satu atau dua ban saja yang diganti, baiknya dipasangkan di bagian belakang. Ini dikarenakan ban di posisi ini memiliki kerja yang lebih berat dan sulit dikendalikan tidak seperti ban di bagian depan yang masih diatur melalui setir oleh pengemudi.

Hal kedua yang mesti diperhatikan adalah tekanan udaranya. Periksa semua ban, tak terkecuali ban cadangan. Isilah tekanannya sesuai rekomendasi pabrikan atau bobot kendaraan dan jumlah penumpangnya.

Sebab, kondisi ban yang kekurangan tekanan udara sangat rentan mengalami pecah. Ini lantaran beban yang harus dipikul ban lebih berat karena tekanan yang harus diterimanya, terlebih bila dipacu dalam kecepatan tinggi seperti di jalan tol.

Terakhir, pastikan juga semua baut roda sudah kencang. Ini termasuk dudukan ban cadangan bagi beberapa kendaraan yang penempatannya di kolong mobil. Periksa secara detail satu per satu, jangan sampai ada baut yang longgar.

Posting Komentar

0 Komentar