Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Peran FKDM Deteksi Ancaman di Daerah

(Foto: Dok. Pribadi)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Pendeteksian dan pencegahan dini adalah segala usaha atau kegiatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung untuk mendeteksi dan mencegah permasalahan yang mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan.

Maka, keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat sangat penting perannya dalam mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Staf Ahli Wali Kota bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Shahlan Rasyidi saat memberikan arahan sekaligus membuka rapat kerja FKDM, Pembekalan Kader Intelijen Dalam Kewaspadaan Dini Masyarakat di Hotel Pangrango 3, Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (20/12/2021).

"Mengingat pentingnya Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) ini, maka sejalan dengan peran vital dari FKDM sebagai bentuk kewaspadaan dini di wilayah yang meliputi pendeteksian, pengidentifikasian, menilai, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG di daerah," jelas Shahlan.


Mengenai fungsi kewaspadaan dini di daerah sendiri, imbuhnya, untuk meningkatkan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum di daerah serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas antarperangkat
daerah.

"Karena kewaspadaan dini di daerah dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat. Ada pun kewaspadaan dini di kabupaten/kota menjadi tugas dan tanggung jawab bupati/wali kota dengan sejumlah tugas dan tanggung jawabnya. Di antaranya membina dan memelihara ketentraman serta ketertiban masyarakat untuk menjaga stabilitas di daerah kabupaten/kota, mengoordinasikan perangkat daerah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan kewaspadaan dini di daerah kabupaten/kota dan mengoordinasikan camat dalam penyelenggaraan kewaspadaan dini di kecamatan," papar Shahlan.

Masih kata Shahlan, kewaspadaan dini di kecamatan menjadi tugas dan tanggung jawab camat dengan tugas dan tanggung jawabnya yaitu membina dan memelihara ketentraman

Selain dirinya, narasumber lain pada rapat kerja itu Ketua BIN Kota Bogor Cecep, Kepala Badan Kesbang Kota Bogor serta dari Kodim 0606/Kota Bogor.

Posting Komentar

0 Komentar