Ticker

6/recent/ticker-posts

Jangan Salah, Ini Bedanya Hotel dan Resor



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Di kalangan wisatawan yang kerap melakukan perjalanan dan menginap, pasti sudah tidak asing dengan dua akomodasi ini. Yaitu hotel dan resor. Namun di antara keduanya berbeda baik secara fasilitas maupun segmennya.

Hal yang patut digaris bawahi berdasarkan fenomena di atas, yaitu hotel dan resor berbeda. Meskipun pada dasarnya hotel dan resor merupakan layanan akomodasi penginapan dalam jangka pendek yang memiliki beragam fasilitas.

Segmen

Umumnya hotel menjadi pilihan akomodasi penginapan bagi wisatawan, pebisnis, keluarga maupun perseorangan. Di mana sebagian besar penghuni dimungkinkan banyak menghabiskan waktu di luar hotel, sehingga mereka hanya memanfaatkan hotel sebagai lokasi istirahat.

Hal sebaliknya terjadi di resor. Segmentasinya lebih kepada keluarga dan perseorangan yang menjadikan resor sebagai lokasi utama untuk berlibur. Sehingga penghuni akan banyak menghabiskan waktunya di resor, mengingat fasilitas dan lokasinya yang sudah menarik layaknya tempat wisata.

Lokasi

Lokasi hotel dan resor tersedia di kota-kota tertentu. Hotel biasanya terletak di dekat jalanan utama dan mudah diakses menggunakan moda transportasi umum. Sedangkan resor umumnya berada di lokasi yang terbilang jauh dari jalanan utama, tetapi menyuguhkan pemandangan indah. Seperti halnya di pegunungan atau pantai.

Selain itu, area lahan hotel relatif lebih sedikit dibandingkan dengan resor yang berdiri di area yang luas. Area resor yang luas ditutupi dengan bangunan serta fasilitas yang mewah dan dikelilingi pemandangan alam menarik bagi penghuni.

Kamar hotel relatif lebih sederhana. Dilengkapi dengan tempat tidur, kamar mandi, dan area kerja kecil. Jarak antara kamar satu dan yang lain hanya terpisah dinding. Tetapi, kamar resor dibangun untuk melayani kebutuhan rekreasi penghuni. Umumnya setiap bangunan kamar terpisah dan area kerja atau bersantai di resor juga berada di muka kamar serta menggunakan kursi atau sofa yang nyaman.

Fasilitas

Hotel melayani tamu atau pelanggan yang bepergian untuk waktu yang lebih singkat. Telah tersedia fasilitas dasar seperti tempat tidur, kamar mandi dan makanan. Meskipun terdapat pula fasilitas tambahan, seperti kolam renang, area olahraga, restoran, taman, dan sebagainya.

Sementara untuk resor, fokus pada penyediaan kemewahan dan kenyamanan bagi para tamu. Fasilitasnya tentu lebih banyak. Misalnya menawarkan taman yang luas, kolam renang, hingga area bersantai dengan pemandangan alam indah. Intinya membuat penghuni nyaman menginap dengan durasi lebih lama.

Meski demikian, beberapa poin di atas merupakan perbedaan hotel dengan resor. Namun, terdapat pula penginapan yang berstatus hotel dan resor. Artinya, penginapan tersebut memiliki karakteristik dan fasilitas hasil dari perpaduan antara hotel dan resor.

Posting Komentar

0 Komentar