Ticker

6/recent/ticker-posts

Aman dan Nyaman Berkendara Pulang Liburan, Perhatikan Hal Berikut

(Foto: Tirto)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Puncak arus balik liburan tahun baru diprediksi akan terjadi, Minggu (2/1/2022). Banyak wisatawan yang akan pulang terutama di kawasan Jabodetabek di hari ini, setelah melakukan liburan ke berbagai tujuan.

Karena kebanyakan wisatawan yang melakukan liburan banyak menggunakan kendaraan pribadi, maka perlu persiapan yang matang baik fisik maupun kendaraan. Ini lantaran telah menempuh perjalanan jauh yang pastinya melelahkan, tentunya tubuh dan mobil harus dalam keadaan prima.

Maka, pengecekan kendaraan dan stamina pun sangat dibutuhkan sama halnya ketika akan berangkat dari rumah. Selain itu, aturlah jadwal perjalanan supaya tidak terjebak kemacetan atau kendala lainnya.

Sebelum memutuskan untuk kembali ke rumah, pastikan tubuh sudah mendapatkan istirahat yang cukup. Jangan begadang atau tidur terlalu larut malam. Hindari juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang akan mengganggu pencernaan.

Kemudian kemaslah barang-barang sesuai dengan kriteria dan kebutuhannya. Mengemas barang lebih awal juga untuk menghindari adanya yang tertinggal di akomodasi yang Anda tempati selama berlibur.

Karena biasanya setelah berlibur akan lebih banyak lagi barang yang akan dibawa pulang atau dimasukkan ke dalam mobil, maka usahakan untuk tidak berlebihan untuk menghindari kelebihan muatan pada kendaraan yang akan mengurangi kenyamanan dan keselamatan selama di perjalanan.

Bawalah juga camilan dan minuman, apalagi bila membawa anak-anak. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya kemacetan terutama saat berada di jalan tol, yang pastinya akan sulit untuk mencari minimarket atau sejenisnya.

Biasanya pula kebanyakan pengendara akan memacu kendaraannya di momen arus balik ini, dikarenakan fisik yang sudah lelah ingin segera tiba di rumah untuk beristirahat sebelum memulai kembali aktivitas keesokan harinya. Padahal, perilaku tersebut sangat tidak disarankan karena hanya akan membahayakan keselamatan seluruh penumpang.

Oleh sebab itu, pentingnya mengatur jadwal perjalanan dengan tidak pulang di saat jam-jam sibuk menjelang sore atau malam. Lebih baik memulai perjalanan lebih awal atau maksimal siang hari untuk meminimalisir terjebak kemacetan. Bisa juga menggunakan rute alternatif yang bisa dilihat melalui aplikasi peta digital di ponsel Anda.

Pun ketika berkendara supaya mengendepankan etika dan mematuhi semua aturan lalu lintas. Anda harus ingat, jalan raya termasuk jalan tol merupakan fasilitas publik yang digunakan oleh banyak orang dengan beragam karakternya masing-masing.

Bila berkendara di jalan tol, ikutilah imbauan dan segala aturan yang dikeluarkan operator atau pengelola jalan tol. Di antaranya adalah mengikuti batas aman kendaraan, yaitu minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Gunakanlah selalu lajur satu atau jalur lambat, kecuali akan menyalip kendaraan di depan.

Jangan pernah secara konstan atau lambat mengemudikan kendaraan di lajur tiga atau lajur empat (lajur cepat). Selain tidak sesuai aturan, tindakan itu pun akan membahayakan diri Anda maupun orang lain. Karena di lajur ini mayoritas dalam kecepatan tinggi. Maka, tidak mengherankan pula bila di lajur ini kerap terjadinya kecelakaan atau tabrakan beruntun karena tidak menjaga jarak aman antarkendaraan.

Posting Komentar

0 Komentar