Ticker

6/recent/ticker-posts

Supaya Bersih dan Awet, Ini Cara Mudah Perawatan Helm

(Foto: Paragram)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Musim hujan yang sudah datang membuat pengendara sepeda motor harus lebih siap menghadapinya, tak terkecuali untuk perawatan perlengkapan berkendaranya.

Salah satu yang harus mendapatkan perhatian ekstra adalah pelindung kepala atau helm. Sebab, ketika terpaksa berkendara dalam kondisi hujan membuat bagian dalamnya menjadi basah. Bila terus dibiarkan, bukan saja akan merusak tapi juga akan menimbulkan jamur dan bau tak sedap.

Untuk perawatan helm ini sebenarnya mudah saja, dan yang pertama bisa dilakukan adalah dengan membilas bagian kaca (visor) dan seluruh bagian luarnya (batok) dengan air bersih. Kemudian dilap menggunakan kain microfiber yang bersih, lantas dilanjutkan dengan menyeka seluruh bagiannya dari sisa air hujan yang menempel.

Berikutnya yaitu dengan mengeringkan bagian dalam (busa) helm. Untuk mengeringkannya bisa dengan beberapa cara, di antaranya hanya cukup diangin-anginkan saja dengan posisi helm terbalik di mana bagian dalam menghadap keluar.

Selanjutnya bisa dengan menggunakan alat pengering rambut (hair dryer), jika memilikinya. Arahkan alat tersebut ke seluruh bagian dalam helm hingga kondisinya benar-benar kering. Namun, saat penggunaannya jangan terlalu dekat. Berikan jarak sekitar 15 cm dengan busanya supaya tidak terlalu panas.

Bila bagian busa pelindung dalam yang bisa dilepas akan lebih baik lagi, karena dengan begitu akan lebih memudahkan untuk sekalian mencucinya agar kebersihan helm lebih optimal.

Namun yang jelas, tidak disarankan untuk mengeringkan helm dengan cara menjemurnya langsung dibawah paparan sinar matahari. Sebab, cahaya ultraviolet akan merusak bagian busanya lantaran panas yang dihasilkannya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemotor untuk rajin membersihkan dan melakukan perawatan terhadap helmnya agar selalu bersih dan tidak mudah rusak.

Posting Komentar

0 Komentar