Ticker

6/recent/ticker-posts

Pilihan Destinasi Taman Kota di Bogor yang Layak Dikunjungi

Taman Sempur. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Tidak melulu harus pergi ke destinasi wisata buatan, wisata kuliner atau kebun raya yang selama ini sudah tersohor di kalangan wisatawan saat berwisata di Kota Bogor, karena masih ada beberapa pilihan tempat yang bisa dipilih dan layak dikunjungi ketika berlibur di akhir pekan.

Karena, Kota Bogor mempunyai taman-taman kota yang cukup baik dan cocok dipilih sebagai destinasi liburan. Apalagi lokasinya pun berada di pusat-pusat kota yang mudah dijangkau dari berbagai arah.

Apalagi dengan kondisi status PPKM yang berada di level 1, di mana Pemkot Bogor berencana akan membukanya kembali untuk umum. Meski dari informasi terakhir yang diperoleh bahwa disebutkan jika Taman Sempur masih akan ditutup dengan beragam pertimbangan.

Berikut adalah taman-taman Kota yang bisa dijadikan referensi sebagai pilihan destinasi untuk liburan.

Taman Heulang

Melipir sedikit dari pusat kota, yaitu ke arah Jalan Pemuda, di sini ada Taman Heulang yang tak kalah luas dan teduhnya dengan taman-taman sebelumnya.

Layaknya taman kota lainnya, di sini juga tersedia beragam fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Mulai dari jalur pedestrian, bangku dan gazebo permanen dan green house.


Taman Heulang. (Foto: Dok. Bogor24.id)


Taman Sempur

Taman kota yang satu ini cukup ikonik dan bisa dikatakan sebagai landmark-nya Kota Bogor. Ini tidak saja karena lokasinya yang sangat strategis berada di pusat kota dengan segala kemudahan aksesnya, maka tidak mengherankan bila saat sebelum masa pandemi lapangan ini selalu dipenuhi warga dan wisatawan saat akhir pekan atau hari libur.

Bukan hanya sekadar duduk-duduk santai di segala penjuru area tamannya. Tapi di sini pengunjung bisa pula berwisata kuliner, bermain sampai berolahraga. Karena di sini disediakan bangku-bangku di sekeliling tamannya, area kuliner serta fasilitas olahraga seperti jogging track, lapangan basket hingga panjat dinding.

Taman Sempur ini berlokasi di Jalan Jalak Harupat, Bogor Tengah, Kota Bogor, tepat di seberang Kebun Raya Bogor dan Istana Kepresidenan Bogor.


Taman Ekspresi

Lokasi taman ini masih satu kawasan dengan Taman Sempur, karena memang letaknya yang hanya beberapa meter saja dari Taman Sempur.

Taman ini sejatinya disediakan Pemkot Bogor sebagai tempat bagi warganya untuk menggelar beragam kegiatan atau acara. Sehingga siapapun bisa menggunakannya setelah mengajukan perizinannya melalui dinas terkait. Namun sepanjang pandemi taman ini pun ditutup untuk umum.

Taman Ekspresi sendiri jauh lebih teduh lantaran sekelilingnya yang ditumbuhi pohon-pohon besar nan rimbun dengan bagian atas di salah satu sisinya berupa dinding tembok panjang yang berbentuk bangku panjang permanen dari semen. Jadi bisa dikatakan lebih menyerupai amphiteater, yaitu sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni.


Taman Kaulinan

Sesuai namanya yaitu kaulinan, yang dalam bahasa Indonesia berarti permainan. Maka di taman ini disediakan beragam wahana permainan yang ditujukan bagi kalangan anak-anak. Mulai dari perosotan, ayunan, rumah pohon hingga ular tangga raksasa.

Posisinya yang berada di samping kiri Taman Sempur dan Taman Ekspresi, maka taman ini bersebalahan langsung dengan aliran Sungai Ciliwung.

Posting Komentar

0 Komentar