Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemotor Ketahui Ini agar Aman Berkendara saat Hujan

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Meski musim hujan telah tiba, namun aktivitas tetap harus berjalan. Untuk menunjang mobilitasnya, tak sedikit yang mengandalkan sepeda motor sebagai kendaraannya.

Namun ada yang harus diketahui oleh para pemotor saat terpaksa tetap berkendara meski hujan sedang turun. Karena jika belum memahami teknik berkendara yang benar akan sangat berisiko menimbulkan insiden seperti terjadinya kecelakaan.

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah dengan mengurangi laju kendaraan. Sebab, kondisi permukaan jalan akan berubah menjadi licin akibat air hujan dan bermacam kotoran yang terbawa air. Di antaranya seperti butiran halus pasir dan bahkan tumpahan minyak atau pelumas.

Karena dengan kondisi jalanan yang licin akan membuat daya cengkeram ban berkurang, sehingga pengendara berpotensi mengalami selip atau bahkan tergelincir.

Selain itu, guyuran air hujan yang deras kadang akan disertai dengan turunnya kabut. Praktis kondisi tersebut membuat pandangan (visibiltas) menjadi berkurang, apalagi bila berkendara di malam hari.

Oleh sebab itu, berkendaralah dengan aman serta tetap memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar. Termasuk potensi ancaman pohon tumbang atau papan reklame roboh lantaran terpaan angin kencang.

Berkendara di kondisi hujan pun agar setiap pemotor untuk memandang jauh ke depan, hal ini penting dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya halangan atau insiden secara tiba-tiba yang ada di depan.

Dengan demikian, pengendara sepeda motor memiliki jarak pengereman aman dan bisa menghindar sehingga tidak terlibat fatalitas kecelakaan.

Meski begitu, bila hujan sangat deras ditambah angin kencang agar baiknya untuk tidak memaksakan melanjutkan perjalanan. Lebih baik pemotor segera menepi dan mencari tempat berteduh yang aman, walaupun telah menggunakan jas hujan.

Posting Komentar

0 Komentar