Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkot Bogor Terima Hibah Lahan dari Kemenkeu, Ini Lokasi dan Nilainya

(Foto: Dok. Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyerahkan hibah aset kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berupa tanah yang nilainya hingga mencapai Rp 400 miliar.

Penyerahan hibah aset tanah yang luasnya 10,2 hektar itu merupakan sitaan pemerintah pusat dari para obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang lokasinya berada di wilayah Katulampa, Bogor Timur dan kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Bogor Selatan.

"Nilai bukunya sekitar Rp 400 miliar. Hari ini penyerahan di Gedung Mezanin Kemenkeu," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Rabu (24/11/2021).

Ia menjelaskan, ketiga aset lahan tersebut terdiri dari tujuh hektar yang berlokasi di Katulampa dan 3,2 hektar sisanya berada di Bogor Selatan. Atas pemberian hibah aset itu, dia menyebutkan Pemkot Bogor telah memiliki rencana untuk pemanfaatannya.

"Enam hektar lahan di Katulampa akan digunakan untuk kantor pelayanan Pemkot. Sedangkan 3,2 hektare di BNR, Empang akan dipakai untuk Dinas Lingkungan Hidup, stoplet kereta api double track dan Kantor Kementerian Agama Kota Bogor," papar Dedie.

Sementara untuk sisa satu hektar lahan yang ada di kawasan Regional Ring Road (R3) Katulampa akan dipakai untuk kantor Samsat dan ruang terbuka hijau.

"Apabila nantinya dapat disatukan dalam sebuah kompleks perkantoran, eks kantor dinas dapat dimanfaatkan untuk kantor KPU, Panwaslu, KPAI, MUI, LPTQ, Garnisun bahkan parpol bila memungkinkan," imbuhnya.

Diperolehnya hibah aset lahan itu, masih kata Dedie, karena sebelumnya Pemkot Bogor telah mengajukan kebutuhan lahan untuk kantor kepada pemerintah pusat. Sebab, banyak kantor pemerintahan yang saat ini kondisinya sudah tidak memadai baik secara ukuran maupun lokasi.

Posting Komentar

0 Komentar