Ticker

6/recent/ticker-posts

Mobilitas Meningkat, Ekonomi Beranjak Naik

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Pelonggaran kebijakan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berbanding lurus dengan penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Mssyarakat (PPKM) yang kini berada di level satu, membuat ekonomi perlahan bergerak naik seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

Sebab, kini hampir semua sektor ekonomi sudah mulai diizinkan kembali beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari pusat perbelanjaan, tempat wisata hingga restoran yang sudah bisa menerima pengunjungnya makan di tempat.

Meski belum diperoleh data resmi dari Pemkot Bogor atau Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor mengenai tren peningkatan ekonomi baik secara persentase maupun real time, tetapi secara kasat mata geliat perekonomian ini begitu terlihat dengan jelas.

Indikatornya bisa dilihat dari ramainya jumlah pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan, restoran dan sejenisnya, akomodasi hingga volume kendaraan yang meningkat terutama di akhir pekan.

Ini tentu menjadi sinyal positif terhadap kebangkitan ekonomi Kota Bogor, meski di satu sisi jangan pula abai dan harus tetap waspada akan ancaman potensi gelombang ketiga pandemi seperti yang terjadi di beberapa negara yang mengakibatkan harus diberlakukannya kembali lockdown.

Tren positif pandemi yang terus melandai di Kota Bogor berikut berangsur membaiknya sektor ekonomi ini harus bisa bersama-sama dijaga, paling pentingnya adalah dengan minimal menerapkan 3M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak fisik. Sehingga adaptasi dalam menjalani kenormalan baru ini bisa dilalui dengan nyaman dan aman.

Karena, pastinya kita semua tidak ingin merasakan kembali "isolasi" dan keterpurukan ekonomi sebagai dampak dari pengetatan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lantaran kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan beragam aktivitas secara leluasa.

Posting Komentar

0 Komentar