Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal "Gegabah," Komunitas Sosial yang Hadir Membantu Sesama

(Foto-foto: Komunitas Gegabah)



Penulis: Yuda Muhtar
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Mendengar kata gegabah, mungkin kebanyakan orang akan berasumsi negatif. Seperti yang disebutkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa kata itu mengandung arti terlampau berani sehingga mengakibatkan kurang hati-hati.

Namun tidak demikian dengan gegabah yang satu ini, yaitu Generasi Gabungan Berfaedah (Gegabah) yang merupakan sebuah komunitas sosial kemasyarakatan. Meski terbilang baru, namun jangan ditanya soal kiprahnya untuk masyarakat Kota Bogor.

Humas Komunitas Gegabah Muhammad Diar menerangkan, jika Gegabah sebuah komunitas yang berfokus pada aspek-aspek sosial. Komunitas ini fokus bergerak untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dan membantu mereka.

"Meski nama Gegabah terdengar seram, tapi kehadiran kami ini ingin merangkul semua elemen masyarakat tanpa memandang unsur SARA. Dengan harapan melalui Gegabah ini akan melahirkan regenerasi dan selalu bersatu serta memberikan dampak positif bagi masyarakat," ungkap Diar kepada Bogor24.id, Minggu (14/11/2021).

Sesuai namanya, ia pun berharap agar Komunitas Gegabah bisa berfaedah baik bagi seluruh anggotanya maupun masyarakat secara lebih luas.

"Karena tercetusnya Komunitas Gegabah ini juga tidak lain untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kami hadir untuk memberikan kenyamanan. Oleh karena itu, kami fokuskan ke bidang sosial agar Gegabah bisa berbaur dengan masyarakat. Apa yang bisa kami bantu, akan kami bantu dan lakukan untuk masyarakat," paparnya.


Lantaran masih menunggu SK Kemenkumham, masih kata Diar, maka pihaknya untuk sementara ini masih membatasi keanggotaannya kendati antusiasme masyarakat yang ingin bergabung sangat tinggi.

"Ini kami lakukan untuk menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Gegabah itu sendiri," imbuhnya.

Di tempat yang sama Wakil Ketua Komunitas Gegabah Roni Setiawan menambahkan, di antara kiprah nyata pihaknya adalah dengan mendukung kegiatan olahraga dan kepemudaan. Yaitu dengan berpartisipasi pada Mini Turnamen Genteng Cup 2021.

"Untuk program kepemudaan yang pertama dari Gegabah ini yaitu dengan mendukung Mini Turnamen Genteng Cup 2021 supaya anak-anak muda ini bisa terarah, menyalurkan hobi dan bakatnya di olahraga sepak bola. Yang mungkin juga tadinya suka tawuran, kita arahkan mereka ke olahraga boxing, silat atau olahraga beladiri lainnya," terang Roni.

Ke depannya, dia menyebutkan masih ada program kepemudaan lainnya yang tak kalah positifnya supaya mereka menjadi lebih baik sebagai generasi penerus.

Posting Komentar

0 Komentar