Ticker

6/recent/ticker-posts

Jokowi, Kota Bogor dan Istana Presiden


(Foto-foto: Donni/Bogor24.id)



Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id - Bogor sudah lama dikenal publik sebagai salah satu destinasi wisata favorit terutama saat akhir pekan. Itu karena kota yang memiliki julukan Kota Hujan ini memiliki banyak cerita, sejarah berikut peninggalan hingga ragam seni budayanya.

Apalagi semenjak era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai resmi menjabat sejak 20 Oktober 2014 silam, yang semakin membuat kota penyangga Ibu Kota DKI Jakarta ini semakin istimewa. Sebab, orang nomor satu di negeri ini memilih Istana Kepresidenan Bogor sebagai tempat tinggalnya.

Ya, karena sejak 2015 Jokowi dan keluarga memilih tinggal di Paviliun Bayurini di kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Bukan di bangunan utama.

Tentu keputusan dan pilihannya itu bukan tanpa alasan. Sebagai seorang kepala negara, pria kelahiran Surakarta pada 21 Juni 1961 itu membutuhkan ketenangan, karena ketenangan adalah kunci. Kunci dalam mengambil keputusan yang tidak hanya adil, namun juga dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Prinsip itulah yang lantas membuat presiden ketujuh Indonesia ini memilih Istana Kepresidenan Bogor sebagai tempat tinggalnya sehari-hari.

Seperti diceritakan Sang Penjaga Istana Kepresidenan Bogor, Endang, yang dikutip dari kanal Youtube Joko Widodo, bahwa istana yang dibangun pada tahun 1744 itu sungguh sarat dengan kisah sekaligus menjadi saksi perjalanan panjang bangsa ini.


Istana Kepresidenan Bogor benar-benar istimewa. Istimewa akan sejarahnya, kisah-kisah di dalamnya, bangunannya, karya seni lukisan dan patung-patung, furnitur klasik, juga rusa-rusa yang berkeliaran di halamannya. Semua istimewa dan tak ternilai.

Hal-hal itulah yang lantas membuat seorang Jokowi memutuskan untuk lebih memilih Istana Kepresidenan Bogor ketimbang Istana Negara di Jakarta atau istana lainnya. Apalagi tepat bersebelahan dengannya adalah pusat konservasi flora yang secara usianya pun tak kalah tuanya dengan istana, yaitu Kebun Raya Bogor.

Maka rasanya tidak berlebihan bila warga Kota Bogor sepatutnya jumawa atau berbangga diri, ini dikarenakan dengan segala kelebihan dan keistimewaan yang dimilikinya lantaran tidak ditemukan di daerah lainnya di Indonesia.

Itulah mengapa sampai saat ini Kota Bogor masih menjadi satu destinasi wisata favorit wisatawan. Tidak saja wisatawan lokal atau wisatawan nusantara, namun juga turis asing yang memasukkan daerah yang terdiri dari enam kecamatan dan 68 kelurahan ini sebagai daftar tujuan wisatanya ketika akhir pekan atau hari libur.

Bukan saja dengan segala kelebihan dan keistimewaan yang telah disebutkan di atas, tapi dengan beberapa faktor lainnya seperti aksesibiltas yang mudah, infrastruktur yang mendukung serta pilihan destinasi yang beragam membuat kota ini selalu didatangi wisatawan. Kota yang juga menjadi pilihan Sang Presiden untuk beristirahat dan tinggal.

Posting Komentar

0 Komentar