Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Fakta Sirkuit Mandalika yang Mesti Diketahui

(Foto-foto: MotoGP Mandalika)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Setelah puluhan tahun akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor bergengsi MotoGP. Terakhir ajang balap kelas dunia itu dihelat pada dekade 90-an di Sentul International Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kali ini, Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan menjadi tuan rumah sekaligus saksi perhelatan akbar tersebut. Dijadwalkan sirkuit yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu akan mendapatkan jatah di seri kedua pada 20 Maret 2022.

Berikut sejumlah fakta seputar Pertamina Mandalika International Street Circuit.

1. Biaya

Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit menelan biaya hingga mencapai Rp 1,1 triliun. Biaya tersebut dihabiskan untuk pekerjaan dasar dan pembangunan sirkuit.

Sirkuit baru kebanggaan Indonesia ini dibangun dengan teknologi aspal terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA). Partikel SMA tidak terlalu rapat atau terlalu panjang, sehingga permukaannya sangat rata. Meskipun berusia lebih dari lima tahun, tidak perlu dilakukan pelapisan ulang.

Peresmiannya pun dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat (12/11/2021) lalu. Bahkan dengan mengendarai sepeda motor costum miliknya, ia berkesempatan langsung menjajalnya dengan mengitari sirkuit itu sebanyak satu putaran.


2. Detail sirkuit

Sirkuit Mandalika mempunyai panjang 4,32 kilometer dengan 17 titik tikungan. Yaitu 11 tikungan ke kanan dan 6 lainnya ke kiri. Pinggiran sirkuit dibatasi pagar pembatas yang berisi angin, yang didatangkan dari Jerman.

Sirkuit yang lebih dulu akan menggelar Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 ini memiliki luas secara keseluruhan 1.035,67 hektar.



3. Kapasitas penonton

Pertamina Mandalika International Street Circuit mampu menampung hingga ratusan ribu penonton. Grand Stand Seating-nya sendiri mempunyai kapasitas lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara itu Non-Seated Area atau tribun berdiri menampung setidaknya 138.000 orang.

Penonton juga dapat menonton perhelatan MotoGP di Hospitality Suites yang rencananya mempunyai kapasitas 7.700 penonton.


4. Garasi

Tidak saja spesifikasi lintasan atau trek yang harus berstandar internasional sesuai dengan regulasi dari Dorna Sports yang tak lain adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP dan pemegang hak komersial olahraga MotoGP dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar sepeda motor, namun juga menyangkut area garasi.

Sebab, Pertamina Mandalika International Street Circuit mempunyai 40 garasi atau paddock yang disediakan bagi tim balap.

Garasi-garasi ini dibangun secara permanen dengan bagian atasnya terdapat ruang bagi media dan liputan.

Posting Komentar

0 Komentar