Ticker

6/recent/ticker-posts

Harus Tahu, Ini Penyebab Banyaknya Kecelakaan di Jalan Tol

(Foto: Katadata)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Angka kecelakaan lalu lintas di jalanan Indonesia masih terbilang tinggi, bahkan tidak jarang fatalitasnya hingga menimbulkan korban jiwa. Namun sayangnya tingginya angka kecelakaan ini sering terjadi pula di jalan tol.

Seperti yang diungkapkan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur dalam keterangan resminya pada program Road Safety Rangers Webinar, Kamis (25/11/2021), faktor kecelakaan kendaraan di ruas jalan tol Jasa Marga Group sepanjang 2021 hingga September, mayoritas disebabkan faktor pengendaranya.

"Berdasarkan data yang dihimpun, 81 persen faktor penyebab kecelakaan adalah faktor pengemudi. Selain itu, jumlah kecelakaan tunggal mencapai 44 persen dari total kecelakaan," jelas Subakti.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari pantauan data pada speed camera yang dimiliki Jasamarga Integrated Digital Map, jumlah rata-rata kendaraan over speed alias melebihi batas kecepatan setiap harinya mencapai 14.194.

"Berdasarkan latar belakang tersebut, Jasa Marga berupaya terus melakukan edukasi dan kampanye kepada pengguna jalan, khususnya generasi muda agar selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan berkendara," ujarnya.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menjelaskan, selain faktor pengemudi, kontribusi kecelakaan terbesar kedua adalah akibat kendaraan yang tidak layak jalan.

Sebab, imbuhnya, jalan tol sebagai infrastruktur jalan berkeselamatan harus memenuhi standar yang terdiri dari tiga konsep.

Pertama forgiving road, yakni infrastruktur dan sarana perlengkapan jalan yang diimplementasikan untuk mengurangi fatalitas apabila terjadi kecelakaan.

Kedua self explaining yang memiliki arti sarana perlengkapan jalan yang dipasang dapat menjelaskan geometrik jalan serta arah yang dapat dituju di jalan tol.

Sementara yang terakhir self enforcement, berupa penerapan teknologi, fasilitas, dan sarana perlengkapan jalan guna mengatur pengemudi berkendara sesuai ketentuan yang berlaku.

Posting Komentar

0 Komentar