Ticker

6/recent/ticker-posts

Dibalik Cerita Panggilan Sang Presiden, "Jokowi"

(Foto: Kilk Kabel)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Selama ini mungkin banyak dari kita yang hanya mengetahui panggilan untuk Presiden RI Joko Widodo, yaitu "Jokowi" hanya sebatas akronim saja dari nama lengkapnya.

Meski hal itu tidak salah juga, namun nyatanya panggilan Jokowi itu meluncur dari ucapan seorang Bernard Chene yang merupakan warga negara Prancis. Orang ini adalah mitra bisnis presiden ketujuh Indonesia yang kala itu berprofesi sebagai pengusaha furnitur.

Dikutip dari Youtube Channel Joko Widodo, Selasa (30/11/2021), cikal-bakal lahirnya panggilan yang kini juga banyak dipakai orang untuk menyebutkan sosok Presiden RI ini lantaran Bernard mengungkapkan bahwa nama Joko Widodo terlalu panjang disebutkan olehnya.

Meski dalam video itu tidak disebutkan dengan jelas mulai kapan panggilan Jokowi itu digunakan, namun yang jelas jauh sebelum dirinya terjun ke dunia politik dan menjadi kepala daerah mulai dari Wali Kota Solo hingga menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta sampai sekarang menjabat sebagai kepala negara.

Meski diakui Bernard, jika awalnya panggilan tersebut hanyalah disebutkan atau diketahui di antara mereka berdua saja. Namun ternyata lama kelamaan panggilan Jokowi mulai diikuti juga oleh kalangan dekat termasuk para rekan pemilik bisnis CV Rakabu yang notabene juga akronim dari nama anak sulungnya, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Hingga akhirnya popularitas panggilan Jokowi ini terus meluas dan sudah melekat di banyak kalangan di Tanah Air hingga mancanegara. Mulai dari rakyat jelata hingga pihak istana kerap menggunakan nama itu untuk menyebut Sang Presiden.

Posting Komentar

0 Komentar