Ticker

6/recent/ticker-posts

Berkaca dari Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Pentingnya Pahami Aturan Berkendara di Jalan Tol

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Kecelakaan maut menimpa pasangan artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Adriansyah, Kamis (4/11/2021) siang. Kecelakaan tunggal yang terjadi di ruas Jalan Tol Jombang-Mojokerto kilometer 672.300 jalur A itu mengakibatkan keduanya meninggal di tempat.

Sementara tiga penumpangnya yang ada di dalam mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu selamat. Mereka adalah anak Vanessa-Febri yang masih balita dan dua laimnya yaitu pengemudi dan asistennya. Meski dua di antaranya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit, namun anak mereka hanya mengalami luka ringan.

Dengan berkaca dari kejadian tersebut betapa pentingnya pengendara untuk dapat mengetahui dan memahami mengenai aturan berkendara yang aman, tidak saja bagi diri namun juga orang lain. Meski sebenarnya di setiap ruas jalan telah dipasang beragam rambu dan marka jalan, tak terkecuali di jalan tol, namun sayangnya masih banyak ditemui pengendara yang mengabaikannya.

Khusus untuk di jalan tol sendiri, ada baiknya untuk tetap memenuhi batas kecepatan maksimal kendaraan 100 km/jam. Selain itu, tetaplah berada di lajur kiri atau lajur satu. Jika memang kendaraan di bawah batas kecepatan maksimal atau tidak menyalip, janganlah secara konstan terus berada di lajur kanan.

Selain persoalan rambu dan marka jalan, seluruh penumpang juga diwajibkan untuk menggunakan sabuk keselamatan. Kebanyakan yang terjadi hanyalah penumpang di barisan depan saja yang mengenakannya, sementara di belakang (baris kedua atau baris ketiga) tidak menggunakannya.

Padahal bahaya mengintai bagi setiap penumpang di baris kedua atau baris ketiga jika tidak menggunakan sabuk keselamatan. Pasalnya, bila terjadi kecelakaan akan menimbulkan efek karambol. Di mana penumpang yang ada di belakang akan terdorong atau terpental ke depan seperti yang terjadi pada kecelakaan Vanessa Angel, tubuhnya bahkan terlempar keluar kendaraan hingga 3 meter jauhnya.

Untuk meminimalisir dampak cidera serius bahkan hingga kematian, ada baiknya juga jangan memaksakan diri untuk terus menyetir bila tubuh dirasa sudah lelah atau mengantuk. Jika indikasi tersebut sudah dirasakan, sebaiknya untuk segera beristirahat di rest area yang telah disediakan pengelola jalan tol. Jangan pernah sekali pun untuk berhenti atau beristirahat di bahu jalan yang akan membahayakan penumpang dan pengendara lain.

Posting Komentar

0 Komentar