Ticker

6/recent/ticker-posts

Bepergian Libur Akhir Tahun Wajib Bawa SKM

(Foto: Dok. Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Bagi masyarakat yang hendak bepergian selama masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) atau saat diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada periode 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 wajib membawa Surat Keluar Masuk (SKM).

Hal tersebut disampaikan Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Mabes Polri akhir pekan kemarin.

Syarat perjalanan itu merupakan kebijakan yang diwajibkan pihak kepolisian kepada setiap pengendara yang akan bepergian ke luar kota. Nantinya SKM ini akan diperiksa di Posko PPKM.

“Nanti SKM dikeluarkan oleh Ketua RT, yakni surat keterangan bepergian. Jika kedapatan tidak membawa SKM, petugas yang berjaga di Posko PPKM akan melakukan tes rapid antigen secara gratis," tegas Irjen Dedi Prasetyo.

Masyarakat dengan hasil tes yang reaktif akan dites kembali dengan metode PCR. Apabila dinyatakan positif, mereka akan dievakuasi ke tempat isolasi.

“Kalau misalnya negatif, akan dipersilakan (lanjutkan perjalanan). Ada mekanismenya, ditempel stiker. Stiker itu sebagai penanda bahwa yang bersangkutan itu sehat, persyaratan sudah terpenuhi,” jelas Dedi.

Adapun posko itu, jelasnya, akan disebar di sejumlah akses masuk wilayah. Misalnya di pintu tol dan jalur akses tertentu perbatasan antarwilayah.

Posting Komentar

0 Komentar