Ticker

6/recent/ticker-posts

Total Berkiprah untuk Wilayahnya, Staf Ahli Wali Kota Bogor Apresiasi Ketua RT di Harjasari

(Foto: Yuda Muhtar/Bogor24.id)



Penulis: Yuda Muhtar
Editor: Choirul A. Yani


HARJASARI, Bogor24.id -- Penanganan terhadap para korban bencana longsor dan banjir lintasan yang dilakukan Ketua RT 002/008 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Donni diapresiasi Staf Ahli Wali Kota Bogor bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Shahlan Rasyidi.

Dirinya menilai apa yang telah dilakukan Donni dapat menjadi contoh para pengurus RT/RW di wilayah lainnya, yaitu bagaimana penanganan kepada para warga yang terdampak bencana begitu tersistematis.

"Karena, Pak RT Donni ini begitu mendapatkan laporan dari warganya langsung responsif meskipun ketika bencana itu terjadi sedang beraktivitas. Tidak saja datang ke lokasi mengkoordinir dan membantu langsung warganya yang terdampak, tapi langsung menghubungi pihak-pihak terkait untuk segera melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan pertama kedaruratan," ungkap Shahlan, Jumat (29/10/2021).


(Foto: BPBD Kota Bogor)


Di luar profesi Donni yang memang seorang jurnalis, lanjut Shahlan, yang notabene memiliki jaringan dan akses yang luas tentu semakin memudahkannya untuk berkomunikasi dan bersinergi dengan relasi narasumbernya.

"Seperti dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor misalnya, Donni berhubungan baik dengan Kepala Pelaksananya Pak Theofilo Patrociano. Selain dengan kalangan pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Ketua RT 002 ini pun memiliki jaringan dan hubungan yang baik pula dengan pihak swasta. Maka penanganan bencana yang terjadi sangat baik," papar Shahlan.

Apalagi, masih kata Shahlan, dirinya pun turut menyaksikan langsung dan melihat bukti bahwa Ketua RT di Kampung Girangsari itu layak diapresiasi. Setidaknya saat ia ikut menerima pengurus struktural organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kemanusiaan yaitu Forum Relawan Demokrasi (Foreder), Jumat (29/10/2021).


(Foto: Yuda Muhtar/Bogor24.id)


"Itu tadi, ini karena Kang Donni memiliki jaringan yang luas dan dibantu juga memang oleh rekan seprofesinya yaitu Kang Wawan dari RTV. Jadi saya pikir dia ini benar-benar secara total mencurahkan segalanya untuk warga dan wilayahnya dengan tanpa banyak berbicara atau berteori, tapi langsung action membuktikannya. Sehingga bisa bersinergi dengan baik bersama Foreder untuk sama-sama bergerak. Bahkan tak tangung-tanggung, Foreder juga akan membangunkan kembali jembatan yang terputus dan jalan yang amblas. Kerja nyata itu semua tentunya layak kita apresiasi," bebernya.

Shalan menuturkan, dengan segala dedikasi, kiprah, keikhlasan serta jiwa sosial Donni khususnya maupun jajaran pengurus dan warga setempat yang dengan telah secara total berperan demi wilayahnya itulah maka ia berharap agar ada sosok lainnya yang seperti itu. Ini karena tidak saja sebagai pengurus di wilayah akan sangat membantu Pemkot Bogor, namun juga layak menjadi panutan.

"Karena sosok seperti ini sangat jarang dan pastinya harus dirangkul, karena ini bisa dikatakan sebagai potensi. Maka pihak kelurahan dan kecamatan setidaknya melihat, mengetahui dan harus menjaga dengan baik aset SDM seperti ini di wilayahnya," pungkas Shahlan.

Posting Komentar

0 Komentar