Ticker

6/recent/ticker-posts

Dukung Pelaku UMKM, Staf Ahli Wali Kota Roadshow di Situgede

(Foto: Dok. Pribadi)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


SITUGEDE, Bogor24.id -- Mendapatkan informasi banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berdiri dan bahkan sudah berkembang, membuat Staf Ahli Wali Kota Bogor bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Shahlan Rasyidi melakukan roadshow di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, belum lama ini.

Agenda kerja ini sengaja dirancang dirinya sekaligus ingin mengetahui langsung para pelaku UMKM yang tersebar di berbagai bidang, apalagi beberapa di antara mereka sudah ada yang berhasil menembus pasar internasional.

Menurut Shahlan, apa yang dilakukannya tersebut bukan hanya sekadar ingin mengetahui lokasi-lokasi para pelaku UMKM itu. Namun, imbuhnya, ia ingin mengetahui secara langsung mulai dari proses produksi hingga kendala-kendala apa saja yang dihadapi termasuk bantuan apa saja yang telah didapatkan dari pemerintah.

"Oleh sebab itu, saya sengaja mengunjungi Kelurahan Situgede ini. Karena mendapatkan informasi banyaknya pelaku UMKM dengan berbagai produk yang dihasilkannya. Mulai dari kuliner, kriya sampai pertanian," papar Shahlan.

Ia melanjutkan, dengan banyaknya potensi tersebut maka sudah semestinya didukung penuh oleh pemerintah. Apalagi diketahui bila sektor UMKM ini mampu bertahan dan bahkan bisa berkembang di tengah situasi sulit pandemi hampir dua tahun ini.

"Jadi, sudah sepantasnya pemerintah hadir di tengah-tengah mereka (pelaku UMKM). Tidak saja cukup berkunjung atau mengapresiasinya. Tapi mereka ini harus dirangkul, terus didorong supaya bisa naik kelas dan mampu mengembangkan usahanya," ungkap Shahlan.

Namun, masih kata Shahlan, berkembangnya UMKM di Situgede tidak terlepas dari peran aktif Kasi Ekbang Kelurahan Situgede, Dina yang senantiasa rajin turun ke wilayah membantu dalam banyak hal.

"Hal-hal seperti inilah yang semestinya dilakukan para aparatur di wilayah, mau dan rajin blusukan di wilayahnya. Jadi tahu potensi dan kendala apa saja yang ada di lapangan," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar