Ticker

6/recent/ticker-posts

Cek Dulu Komponen Ini Sebelum Mengemudi di Musim Hujan

(Foto: Source Google/hargamobil.com)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Hujan sudah mulai sering turun di banyak wilayah Indonesia, tak terkecuali di kawasan Bogor dan sekitarnya. Bahkan tidak jarang hujan turun dengan instensitas sedang hingga tinggi, sehingga faktor cuaca ini patut diwaspadai para pengemudi mobil.

Ada baiknya sebelum memulai perjalanan untuk memeriksa kondisi kendaraan, pastikan semua komponen bekerja dengan normal dan baik. Jangan sampai merepotkan ketika di perjalanan yang akan mengganggu kenyamanan dan mengurangi rasa aman berkendara.

Hal pertama yang tentu saja harus bekerja dengan baik adalah penyeka kaca (wiper). Maka pastikan komponen ini berfungsi mulai dari motor hingga gagang dan tentu saja karetnya. Cek kembali apakah karetnya apakah sudah getas dan keras. Jika demikian, jangan tunda lagi untuk segera menggantinya.

Mengingat fungsinya yang sangat vital, maka kondisi wiper harus dalam keadaan baik. Sebab, jika kurang baik akan menghalagi atau mengurangi pandangan (visibilitas) pengemudi ketika menembus derasnya hujan.

Berikutnya adalah ban. Karena bagian ini sama vitalnya seperti wiper, apalagi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Karena saat kondisi hujan ban memiliki fungsi untuk membuang air melalui alur atau telapaknya.

Kondisi ban yang sudah tipis atau bahkan gundul, sangat berisiko tinggi ketika digunakan dalam keadaan basah tersiram air hujan. Kendaraan bisa tergelincir dikarenakan ban tidak bisa menapak dengan sempurna ke permukaan jalan.

Periksa juga seluruh tekanan udaranya, tak terkecuali ban serep. Jika kurang, isilah tekanan sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang ideal tidak saja akan nyaman, namun mengurangi potensi mengalami pecah ban.

Dikarenakan berkendara dalam kondisi hujan, maka sistem kelistrikan juga jangan sampai diabaikan. Pastikan semuanya aman dan kabel-kabel terlindungi dengan baik. Baterai (aki) hingga alternator harus berfungsi sebagaimana mestinya.

Selanjutnya yang juga mesti mendapatkan perhatian adalah pendingin ruangan (AC). Karena AC sangat berguna untuk mencegah timbulnya embun di bagian kaca depan yang akan menghalangi atau mengurangi jarak pandang, terlebih bila berkendara hujan di malam hari.

Terakhir adalah lampu-lampu. Cek semuanya mulai dari fungsi lampu depan (utama), lampu sein dan lampu rem. Akan sangat berbahaya bila ternyata semua bagian lampu itu tidak berfungsi, apalagi lampu rem. Karena lampu rem sebagai isyarat atau bentuk komunikasi kepada pengendara di belakang agar jangan sampai terjadi insiden tabrak belakang.

Posting Komentar

0 Komentar