Ticker

6/recent/ticker-posts

Bukan Cuma Buat Penumpang, Ini Konsep Baru Terminal Tipe A dari Kemenhub

(Foto: Dok. Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya akan mengubah skema pengelolaan Terminal Tipe A menjadi mix use dan membuatnya menjadi lebih mewah dan lengkap.

Sebab, seperti disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat pada Kemenhub Budi Setiyadi dalam webinar yang disiarkan YouTube Kemenhub, Senin (4/10/2021), terminal nantinya tidak hanya menjadi tempat naik atau turun penumpang. Tapi akan digunakan untuk berbagai aktivitas.

"Sebetulnya yang sedang kita lakukan adalah mengubah konsep skema terminal yang ada sekarang ini. Kalau sebelumnya terminal hanya tempat pemberangkatan dan menurunkan penumpang, nanti skemanya akan kita ubah dengan mix use," kata Budi.

Dijelaskannya, skema mix use ini merupakan penggunaan sebuah bangunan, satu kompleks bangunan atau lingkungan untuk lebih dari satu kegunaan. Di mana Terminal Tipe A nantinya bakal mencakup kantor, tempat tinggal, hotel, pusat perbelanjaan dan lainnya yang saling berdekatan atau bahkan di gedung yang sama dengan terminal tersebut.

Terminal, terang Budi, bisa menambahkan fasilitas living seperti adanya hotel, apartemen dan lainnya. Kemudian lifestyle seperti ballroom, area olahraga dan tempat nongkrong untuk anak-anak muda.

Selain itu, dengan skema tersebut terminal juga bisa menjadi tempat rekreasi. Di mana bakal dibangun juga pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong. Dengan begitu, terminal-terminal tersebut akan kembali ramai digunakan masyarakat.

"Selanjutnya mix use itu juga untuk work atau kerja. Kita harapkan nanti ada co-working space dan lainnya. Itu skema terbaru," ucap Budi.

Sekadar informasi, bahwa di Indonesia terminal terbagi dalam tiga tipe. Mulai dari Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Terminal Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), angkutan lintas batas antar negara dan Angkutan antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta tak ketinggalan angkutan kota hingga angkutan pedesaan.

Untuk Kota Bogor sendiri memiliki satu Terminal Tipe A, yaitu Terminal Baranangsiang, yang bahkan pada beberapa tahun silam sempat akan dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Namun sayangnya sampai saat ini tak kunjung dimulai pelaksanaannya dengan berbagai alasan. Bahkan saat ini pun pengelolaannya di bawah Kemenhub melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Posting Komentar

0 Komentar