Ticker

6/recent/ticker-posts

Beroperasi 2 November, Naik Bus Kita Trans Pakuan Gratis

(Foto: Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Yuda Muhtar
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Masyarakat Kota Bogor yang ingin merasakan layanan Bus Kita Trans Pakuan bisa menjajal dan menikmatinya secara gratis. Sebab, selama masa soft launching ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih menggratiskannya hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Seperti disampaikan Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zamrides, Jumat (29/10/2021), hadirnya Bus Kita Trans Pakuan bertujuan agar masyarakat yang semula menggunakan kendaraan pribadi beralih ke bus.

"Dengan menggunakan angkutan umum diharapkan dapat mengurangi penggunaan BBM oleh masyarakat. Di sisi lain, dapat meminimalisir dampak kerugian ekonomi dan kehilangan waktu akibat dari kemacetan, mengurangi polusi udara yang mencemari lingkungan," papar Zamrides.

Hadirnya Bus Kita Trans Pakuan ini, lanjutnya, merupakan implementasi program Buy The Service (BTS) dan bentuk kolaborasi peremajaan transportasi di seluruh Indonesia, khususnya sekarang di Kota Bogor.

"Karena ini untuk perbaikan transportasi, kita harus mulai dari BTS. Ada subsidi kepada penumpang agar mereka mau naik angkutan umum,” ucapnya.

Ia menambahkan, awalnya BPTJ merencanakan akan menghadirkan 75 bus di Kota Bogor. Namun dikarenakan tahun 2021 tinggal menyisakan dua bulan lagi dan sangat pendek, maka baru dapat direalisasikan secara bertahap sebanyak 49 bus.

"Nanti kita evaluasi. Bisa saja kalau sudah berbayar, bayarnya setengah atau seperti apa skemanya. Tapi tetap ada subsidi. Nantinya kita integrasikan dengan stasiun, dengan terminal, kita integrasikan semua. Sehingga masyarakat dimudahkan dan diberikan kenyamanan saat menaiki angkutan umum,” tuturnya.

Posting Komentar

0 Komentar