Ticker

6/recent/ticker-posts

Bantu Warga Terdampak Bencana, BPBD Kota Bogor Berikan Ini

(Foto: BPBD Kota Bogor)


Penulis: Yuda Muhtar
Editor: Donni Andriawan S.


HARJASARI, Bogor24.id -- Bencana yang terjadi di Kampung Girangsari RT 002/008 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (28/10/2021), mengakibatkan sejumlah warga menjadi korban, dinding seb├╣ah bangunan tempat tinggal jebol serta jalan lingkungan amblas dan jembatan semi permanen terputus lantaran terbawa arus banjir.

Meskipun dalam peristiwa itu tidak ada korban luka maupun korban jiwa, namun sedikitnya tiga kepala keluarga terpaksa harus direlokasi karena riskan akan potensi terjadinya longsor susulan. Belum lagi belasan rumah lainnya yang terendam genangan air hingga mencapai ketinggian 50 sentimeter.

Selain karena tingginya intensitas hujan di kawasan tersebut, luapan air sungai dan sampah dari bagian hulu yang ikut terbawa arus menjadi salah satu penyebab belasan rumah warga tergenang air.

Hingga menjelang petang warga masih sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur dan sampah. Sementara sejumlah pemuda setempat ikut membantu merelokasi warga yang bangunan kontrakannya terdampak longsor.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor yang dipimpin Kepala Pelaksana Theo Patrociano yang datang meninjau langsung ke lokasi pun telah melakukan assessment dan penanganan kedaruratan khususnya kepada warga yang terdampak.


(Foto: Yuda Muhtar/Bogor24.id)

Selain memeriksa tingkat kerusakan, potensi bencana susulan dan menginventarisir apa saja yang dibutuhkan para korban, BPBD Kota Bogor juga telah memberikan terpal untuk menutup sementara lokasi longsor agar tidak semakin meluas.

Sementara untuk warga yang tempat tinggalnya terdampak, seperti dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patriciano, bahwa pihaknya akan memberikan bantuan berupa hunian sementara. Yaitu dengan menyediakan uang tunai untuk mengontrak rumah.

"Yang pertama sekali tentunya kami telah melakukan langkah-langkah penanganan kedaruratan terhadap warga yang terdampak bencana ini. Setelah berkoordinasi dengan aparat di wilayah, nanti kami akan memberikan hunian sementara dengan menyewakan mereka kontrakan selama satu sampai dua bulan," papar Theo sapaannya.

Mengingat musim hujan yang sudah mulai datang, ia pun mengingatkan kepada seluruh warga Kota Bogor khususnya yang tinggal di kawasan rawan bencana untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Apabila terjadi bencana, dia juga menyarankan untuk segera melaporkan kepada pengurus RT/RW dan aparatur di wilayah. Sehingga bisa segera dilakukan penanganan dan bantuan kedaruratan kepada warga yang terdampak bencana.

"Dengan datangnya musim hujan ini, kami dari BPBD kembali mengingatkan kepada seluruh warga untuk selalu waspada dan tetap berhati-hati. Apalagi belakangan ini cuacanya cukup ekstrem di mana hujan sering disertai petir dan angin kencang. Bila terjadi kebencanaan pun agar segera melaporkannya kepada aparatur di wilayah supaya bisa cepat kita tangani," ucap Theo.

Posting Komentar

0 Komentar