Ticker

6/recent/ticker-posts

Selain Mal, Anak di Bawah 12 Tahun Juga Boleh Masuk Tempat Ini


(Foto: Beth Kasegaran Theresia)


Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali telah resmi diperpanjang kembali oleh pemerintah. Aturan ini mulai berlaku terhitung 21 September hingga 4 Oktober mendatang atau selama dua minggu.

Tetapi, pemerintah menyesuaikan aturan atas berbagai aktivitas masyarakat di sejumlah sektor melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 dan 44 Tahun 2021. Salah satu aktivitas yang disesuaikan yaitu untuk perhotelan yang tidak menjadi isolasi terpusat.

Seperti dikutip dari Inmendagri itu, disebutkan para pengunjung termasuk pegawai hotel wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk wilayah Jawa-Bali yang berada pada PPKM level 2, level 3, dan level 4.

Selain itu, pengunjung di bawah usia 12 tahun sudah diizinkan masuk atau menginap di hotel non-isolasi. Asalkan dengan satu syarat, yakni harus menunjukkan surat keterangan hasil tes antigen atau RT-PCR negatif/non-reaktif.

"Pengunjung usia di bawah 12 tahun harus menunjukkan hasil negatif antigen pada H-1 dan RT-PCR pada H-2," sebut Inmendagri terbaru tersebut yang dikutip, Selasa (21/9/2021).

Mengenai kapasitas pengunjungnya sendiri, Inmendagri itu menyebutkan maksimal 50 persen dengan kategori hijau serta kuning dalam penerapan aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu, fasilitas pusat kebugaran atau gym, ruang pertemuan atau meeting room untuk di level 4 tidak diperbolehkan untuk dibuka. Sedangkan wilayah yang berada di level 3 diizinkan untuk dibuka, namun dengan syarat isi dalam ruangan sebanyak 50 persen pengunjung.

"Fasilitas pusat kebugaran atau gym, ruang pertemuan/ruang rapat/meeting room, dan ruang pertemuan dengan kapasitas besar/ballroom diizinkan buka dengan memakai aplikasi PeduliLindungi dan kapasitas maksimal 50 persen. Serta penyediaan makanan dan minuman pada fasilitas ruang pertemuan/ruang rapat/meeting room dan ruang pertemuan dengan kapasitas besar/ballroom disajikan dalam box dan tidak ada hidangan prasmanan," demikian kutipan isi Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 dan aturan ini mulai berlaku mulai 21 September hingga 4 Oktober mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar