Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketika Ojek Pangkalan Masih Jadi Pilihan Angkutan

(Foto: Yudi Effriadi/Bogor24.id)



Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Semakin pesatnya kemajuan teknologi yang mencakup di dalamnya teknologi informasi dan internet, menghadirkan ragam pilihan dan kemudahan bagi setiap pengguna angkutan umum.

Sebab, kini ada banyak pilihan jenis transportasi daring yang bisa digunakan untuk mengantarkan para calon penumpang dari satu titik keberangkatan menuju tiik tujuan. Meski demikian, angkutan konvensional masih tetap banyak digunakan dan dipilih. Satu di antaranya adalah ojek pangkalan.

Walaupun dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang telah hadir angkutan ojek online (ojol), tetapi ojek pangkalan masih tetap bertahan dengan segmen penumpangnya sendiri. Mereka bisa bersaing dengan moda transportasi berbasis tekonologi tersebut.

Keberadaan ojek-ojek pangkalan ini pun tidak hanya di daerah pelosok saja, tapi mereka bisa ditemui hingga di kawasan perkotaan. Bahkan populasi mereka tak kalah banyaknya dengan ojol.

Di mana masih mengandalkan cara-cara lama dalam melayani para penumpangnya. Ojek pangkalan tidak memerlukan ponsel pintar dan aplikasi khusus. Untuk membayar ongkos pun tinggal bagaimana negosiasi antara kedua belah pihak, pengemudi ojek dan penumpang. Pembayaran pun hanya menerima uang tunai, tidak ada opsi lain atau non-tunai.

Tidak ada atribut khusus sebagai identitas layaknya ojol seperti jaket dan helm, atau wajib vaksinasi bagi setiap pengemudi ojek pangkalan di masa pandemi seperti saat ini. Meski kemungkinan vaksinasi juga telah dilakukan para pengemudi ojek pangkalan atas kesadaran sendiri atau memang adanya ajakan dari pihak terkait demi kesehatan, kenyamanan dan keselamatan bersama.

Namun yang jelas, keberadaan ojek pangkalan sama seperti jenis moda transportasi umum lainnya masih tetap dibutuhkan masyarakat sebagai pilihan angkutan. Kendati serbuan angkutan online semakin masif di tengah kemajuan zaman saat ini.

Posting Komentar

0 Komentar