Ticker

6/recent/ticker-posts

Hujan, Pengendara Motor Perhatikan Hal Ini


(Foto: Dok. Bogor24.id)


Penulis: Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Hujan belakangan ini sudah mulai sering turun di wilayah Bogor dan sekitarnya dari intensitas rendah hingga sedang. Faktor cuaca ini tentu harus menjadi perhatian para pengendara, khususnya pengendara motor.

Kondisi jalanan yang licin akan mempengaruhi keseimbangan dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, ketika terpaksa harus berkendara dalam kondisi seperti ini mesti lebih berhati-hati dan waspada serta tidak lupa membawa peralatan standar dan kelengkapan berkendara seperti jas hujan.

Peralatan ini biasanya sudah ada di motor dan telah menjadi perkakas standar bawaan pabrikan ketika membeli motor. Di antaranya berupa obeng plus dan minus, kunci busi dan kunci ring serta kunci pas ukuran tertentu.

Sebab, semua kunci di atas bisa digunakan ketika pengendara mengalami kondisi darurat atau motornya mogok saat berkendara dalam kondisi hujan. Entah itu karena menerjang banjir atau melintasi genangan air.

Kemudian yang tak kalah pentingnya dan wajib dibawa pengendara motor terutama saat musim hujan adalah jas hujan. Pilih dan bawalah jas hujan model setelan (dua bagian) atas-bawah, dan jangan pernah memilih atau memakai model ponco.

Selain akan lebih melindungi pengendara dari terpaan air hujan, jas hujan model setelan ini lebih ergonomis dan aman. Tentu ini sangat bertolak belakang dengan model ponco. Selain berbahaya karena berpotensi tersangkut dengan kendaraan lain saat berkendara, juga tidak efektif menahan air hujan.

Tidak hanya itu, pilihlah jas hujan dengan warna yang terang dan yang bisa memantulkan cahaya. Karena hal tersebut supaya pengendara motor lebih terlihat oleh pengendara lain ketika hujan deras yang biasanya akan berkabut atau sedikit gelap. Dengan begitu faktor keselamatan juga akan lebih terjaga.

Posting Komentar

0 Komentar