Ticker

6/recent/ticker-posts

Ganjil Genap di Puncak, Ribuan Kendaraan Diputar Balik


(Foto: Source Google/Eraid)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Sebanyak 2.300-an kendaraan berhasil diputar balik petugas gabungan pada penerapan aturan pembatasan kendaraan melalui skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, akhir pekan kemarin.

Dari jumlah tersebut, pelanggaran terbanyak terjadi pada hari kedua pelaksanaan uji coba ganjil genap, Sabtu (4/9/2021), dengan total jumlah kendaraan yang diputar balik sekitar 1.700 unit.

"Hari pertama uji coba atau Jumat (3/9/2021), yang kita putar balik hanya ratusan. Sekitar 700-an kendaraan baik roda dua dan empat. Di hari kedua yang paling banyak, itu ada kenaikan seribu kendaraan yang kita putar balik. Sekitar 1.700 kendaraan kita putar balik di semua titik pos penyekatan,” ungkap Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, Minggu (5/9/2021).

Perbedaan jumlah pelanggar atau kendaraan yang diputar balik di dua hari itu, ia menyebutkan karena memang para pelancong yang menuju Puncak biasanya ramai di dua hari terakhir akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Sementara itu yang melancong pada Sabtu, Dicky menyebut biasanya melakukan perjalanan pada siang hingga jelang sore dan menginap.

“Kalau hari minggu itu biasanya wisatawan yang berwisata one day trip. Hanya mencari udara segar dan menikmati pemandangan,” ucapnya.

Dicky menerangkan, penerapan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak dinilai efektif mereduksi mobilitas dan kendaraan wisatawan. Menurutnya, uji coba bakal dilakukan lagi pada akhir pekan kedua bulan ini.

Posting Komentar

0 Komentar