Ticker

6/recent/ticker-posts

Bikin Celaka, Jangan Bawa Barang Berlebih Pakai Motor

(Foto: Source Google/Motogokil)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Sejatinya motor adalah kendaraan yang diperuntukkan bukan untuk mengangkut barang, namun kenyataannya sering ditemui kendaraan roda dua itu membawa banyak barang bahkan hingga melebihi batas dimensi dan bebannya.

Bukan saja akan mempengaruhi performa dan membuat komponennya cepat mengalami kerusakan, tapi hal itu juga pastinya sangat membahayakan si pengendara dan orang lain. Karena barang-barang yang dibawa berisiko jatuh ketika di perjalanan atau menyulitkan pengendarannya melakukan manuver.

Kalau pun terpaksa harus membawa barang menggunakan motor, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Ini tidak lain agar tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain.

Tidak melebihi lebar setang

Kerap ditemui di jalanan motor yang mengangkut barang secara berlebihan baik secara dimensi maupun bebannya. Ketika membawanya, jangan melebihi lebar setang motor.

Sebab, ketika barang yang dibawa melebihi lebar setang akan menyulitkan pengendaranya menjaga keseimbangan dan melakukan manuver misal ketika ingin menyalip kendaraan yang ada di depannya atau melintas di jalan yang sempit. Sehingga potensi barang atau motor tersangkut akan bisa diminimalisir.

Tidak melebihi tinggi pundak pemotor

Selain memperhatikan lebar barang, ketika membawanya pun jangan melebihi tinggi pundak si pengendaranya. Ini supaya pemotor tetap dapat menjaga keseimbangan dan melihat kondisi ke belakangnya.

Dengan begitu keseimbangan dapat tetap terjaga dan potensi celaka pun akan bisa diminimalisir lantaran beban barang tidak melebihi kapasitas angkut motor dan pengendara.

Jangan bawa barang berbahaya

Selain nekat membawa barang secara berlebihan, tidak jarang motor juga digunakan untuk mengangkut benda-benda berbahaya semacam tabung gas elpiji hingga jirigen yang berisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Jika kedua jenis barang itu jatuh atau lepas di jalan, bisa dibayangkan potensi dan risiko yang ditimbulkannya. Bukan hanya akan merugikan dan mencelakai diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekeliling.

Bila tabung gas yang lepas atau terjatuh di jalanan, ada potensi bisa meledak. Pun dengan BBM yang sangat berpotensi memicu terjadinya kebakaran. Ini tentunya sangat berbahaya dan tidak direkomendasikan.

Posting Komentar

0 Komentar