Ticker

6/recent/ticker-posts

Biar Nyaman, Atur Ini Sebelum Mengemudi

(Foto: Honda Indonesia)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Mengemudi merupakan aktivitas yang memerlukan konsentrasi dan persiapan matang sebelum memulai mengendarainya di jalan. Oleh sebab itu, penting bagi setiap pengemudi untuk menyiapkan segala hal baik teknis maupun non-teknis.

Apalagi bila akan berkendara jarak jauh, maka persiapan ini sangat wajib untuk benar-benar diperhatikan supaya nyaman dan aman selama menempuh perjalanan.

Sebelum mulai berkendara, pengemudi baiknya memeriksa atau menyetel posisi kaca spion luar baik sisi kanan maupun sisi kiri. Pastikan pandangan ke belakang terlihat jelas minimal hingga bagian belakang kendaraan. Hal itu penting untuk memantau keadaan di sekitar khususnya bagian belakang, dengan tak lupa pastikan kacanya dalam keadaan bersih.

Kemudian tak kalah pentingnya adalah kaca spion dalam yang ada di kabin. Meski kebanyakan pengemudi menyepelekan keberadaannya, padahal kaca spion ini memiliki kegunaan yang sama vitalnya dengan kaca spion di luar. Yaitu sama-sama untuk memantau atau melihat kondisi di belakang kendaraan yang dikemudikan.

Untuk memberikan pandangan atau visibilitas yang baik, hindari memasang stiker yang menutupi bagian kaca belakang. Hindari juga membawa atau menyimpan barang hingga penuh atau menutupi kabin belakang, yang akan menyulitkan pengemudi untuk melihat kondisi di belakangnya.

Terakhir, pastikan juga posisi duduk pengemudi yang ideal. Maka, penting untuk menyetel posisi jok. Pastikan jarak antara kaki dengan pedal-pedal di bawahnya tidak terlalu jauh atau sebaliknya.

Dengan posisi duduk yang ideal akan dapat mengurangi rasa pegal ketika berkendara. Pastikan jarak antara kaki dengan pedal maupun genggaman tangan terhadap setir pas, sesuai dengan postur tubuh pengemudi.

Ini termasuk juga dengan letak sandaran kepala (head rest) di jok, pastikan bagian belakang kepala menempel. Dengan posisi demikian akan mengurangi risiko cidera parah pada leher bila terjadi insiden seperti terpaksa mengerem mendadak atau terlibat kecelakaan.

Posting Komentar

0 Komentar