Ticker

6/recent/ticker-posts

Semangat Kemerdekaan Pemuda Daerah Ini di Tengah Kesulitan Pandemi

(Foto: Devina Putri/Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Sama seperti tahun 2020 lalu, momen perayaaan dan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini masih tetap dalam suasana pandemi Covid-19.

Maka praktis selama dua tahun terakhir ini segala kemeriahan dan perayaannya masih akan tetap sama, yaitu diselenggarakan secara sederhana dan tanpa ada tradisi yang kerap mewarnainya. Sebut misalnya aneka lomba khas "Agustusan."

Meski begitu, semangat nasionalisme dalam menyambut Hari Kemerdekaan ke 76 tahun ini tetap diperlihatkan banyak warga di berbagai tempat. Di antaranya dengan menghias lingkungan permukiman mereka dengan beragam pernak-pernik khas 17 Agustus seperti memasang umbul-umbul bernuansa merah-putih, bendera-bendera plastik berukuran kecil sampai mengecat dan menghias gapura.

Salah satu bukti semangat kemerdekaan tersebut ditunjukkan pengurus RT 002/008 Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor bersama para pemudanya.



Meski di tengah kesulitan ekonomi sebagai dampak pandemi yang berkepanjangan, mereka secara swadaya mengumpulkan uang untuk membeli sejumlah keperluan untuk menghias lingkungan permukimannya. Sejak awal pekan ini, mereka sudah mulai bersolek melakukan penataan.

Menurut salah seorang pemuda setempat, Fikri, mereka berinisiasi untuk merapikan kembali lingkungan mereka di momen Hari Kemerdekaan ini bermodalkan semangat nasionalisme. Pasalnya, hanya itulah yang mereka miliki selain rasa kebersamaan dan kepedulian.

"Jadi, semangat kemerdekaan ini coba kita kobarkan meski di tengah kondisi sulit pandemi yang sudah berjalan setahun lebih ini. Bersama teman-teman yang lain dan pengurus RT, kita menghias lagi lingkungan dengan nuansa kemerdekaan yang temanya disesuaikan dengan kondisi pandemi," ungkap Fikri, Sabtu (7/8/2021).

Walaupun tidak akan semeriah pada perayaan "Agustusan" tiga tahun ke belakang, tapi imbuhnya, apa yang mereka lakukan setidaknya sebagai bukti bahwa semangat nasionalisme itu masih ada. Semangat kemerdekaan akan selalu ada di lubuk hati mereka.

Posting Komentar

0 Komentar