Ticker

6/recent/ticker-posts

Perbedaan Hotel Syariah dan Konvensional

Ilustrasi hotel konvensional. (Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Bagi banyak orang tentu sudah tidak asing dengan akomodasi hotel. Mereka memanfaatkan akomodasi ini entah untuk berlibur atau berbisnis.

Namun di Indonesia khususnya, beberapa tahun ke belakang sudah mulai banyak beroperasi hotel syariah yang secara aturan dan fasilitasnya berbeda dengan hotel konvensional pada umumnya. Karena, hotel syariah ini menerapkan aturan dan fasilitasnya sesuai dengan ajaran dan syariat Islam.

Supaya lebih jelasnya, inilah beberapa perbedaan antara hotel syariah dan hotel konvensional.

Pasangan belum menikah dilarang satu kamar

Sesuai dengan nama dan tujuannya yaitu hotel syariah, maka bagi tamu yang merupakan pasangan belum menikah atau yang belum sah dilarang keras untuk menginap di satu kamar yang sama.

Untuk membuktikan pasangan ini adalah suami isteri yang sah, staf hotel akan menanyakan buku nikah atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berdomisili sama (satu alamat) sebagai bukti mereka telah menikah.

Fasilitas ibadah lengkap

Lantaran syariah, maka fasilitas ibadah di akomodasi yang satu ini terbilang lengkap. Mulai dari disediakannya Al-Quran, sajadah hingga dipasangnya penunjuk arah kiblat.

Tidak hanya itu, biasanya di hotel syariah ini fasilitas tempat ibadah dan area tempat wudhunya pun lebih representatif dan sangat layak untuk menunjang kenyamanan para tamunya.

Tidak menyediakan bar, pub dan karaoke

Untuk semakin menegaskan identitasnya sebagai hotel syariah, maka pengelolanya juga tidak menyediakan fasilitas bar, pub atau karaoke. Ini tentunya sangat berbeda dengan hotel konvensional.

Praktis di akomodasi semacam itu tidak tersedia beragam minuman beralkohol dan semua menunya dipastikan halal.

Menyediakan menu halal

Sama halnya dengan poin di atas, seluruh menu baik makanan maupun minumannya pun bersertifikasi halal yang telah dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga hal ini akan semakin membuat nyaman dan aman serta menciptakan akomodasi dan wisata halal.

Posting Komentar

0 Komentar