Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemkot Bogor Targetkan PAD 2022 Rp 2,3 Triliun

(Foto: Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah menetapkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022 mendatang sebesar Rp 2,3 triliun.

Jumlah PAD itu terdiri dari Rp 1,09 triliun yang bersumber dari PAD Kota Bogor dan Rp 1,25 triliun bersumber dari pendapatan transfer pusat dan daerah.

Meski demikian, untuk pendapatan transfer pusat dan daerah masih harus dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemprov DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam sidang paripurna DPRD Kota Bogor di Gedung DPRD, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (23/8/2021).

"Pemkot Bogor dan DPRD Kota Bogor menyepakati penetapan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022," kata Bima Arya.

Atas hal itu, dirinya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Bogor atas persetujuan terhadap penetapan KUA-PPAS Kota Bogor Tahun 2022 yang merupakan tahun anggaran ketiga RPJMD periode Tahun 2019-2024.

"Setelah dilakukan serangkaian pembahasan antara Pemkot dengan DPRD, baik dalam rapat komisi maupun rapat anggaran, maka KUA-PPAS Tahun 2022 telah balance atau seimbang antara pendapatan dengan belanja," ungkapnya.

Sebagaimana arahan pemerintah pusat, lanjut Bima, Tahun 2022 diprediksi APBD masih terdampak dan fokus pada penanganan Covid-19. Baik dari sisi pendapatan maupun belanja.

"Begitu pula APBD Kota Bogor yang fokus pada adaptif dan tanggap Covid-19. Adaptif dalam menyesuaikan pendapatan yang terdampak pandemi dan tanggap dalam belanja penanganan Covid-19," jelas Bima Arya.

Posting Komentar

0 Komentar