Ticker

6/recent/ticker-posts

Mau Berwisata? Perhatikan Panduan Ini

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.


BOGOR, Bogor24.id -- Pandemi yang berkepanjangan membuat banyak orang terpaksa harus menjalani isolasi, karantina dalam waktu yang lama. Masa-masa tersebut pastinya sangat lelah dan membosankan.

Ketika nanti segala pembatasan kegiatan masyarakat sudah mulai longgar diberikan pemerintah, diprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan (mobilitas) orang termasuk dalam melakukan kegiatan wisata.

Tapi, ada baiknya bila sebelum melakukan aktivitas tersebut supaya maayarakat memperhatikan sejumlah hal berikut. Ini penting diketahui sebagai panduan agar tetap sehat dan nyaman.

Dalam kondisi sehat

Tentunya sebelum melakukan perjalanan wisata harus dipastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar perjalanan Anda berjalan nyaman.

Cek suhu tubuh Anda dan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius dan kondisi tubuh atau stamina dalam keadaan benar-benar fit. Meski begitu, di luar masa pandemi pun ada baiknya untuk tetap berjaga-jaga dengan membawa obat-obatan pribadi terutama Anda yang membawa anak-anak dan lansia.

Menerapkan pola hidup sehat

Syarat yang satu ini juga harus benar-benar diaplikasikan oleh setiap wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi wisata. Pastikan ini untuk selalu diterapkan selama berada di tempat tujuan.

Untuk menjamin higienitas dan kesehatan, ada baiknya membawa perbekalan dari rumah. Jangan lupa juga membawa alat makan sendiri termasuk botol minum. Selain untuk mengurangi potensi penambahan produksi sampah, langkah ini bisa menghemat pengeluaran.

Berikutnya adalah dengan tidak menyentuh sembarangan area wajah seperti mata, hidung dan mulut serta menggunakan selalu masker rangkap. Selama di destinasi wisata, sebisa mungkin untuk tidak menyentuh beragam benda sembarangan.

Sebagai pelengkap dan wajib diperhatikan, jangan lupa untuk membawa tisu kering, tisu basah dan hand sanitizer serta masker cadangan. Meskipun mungkin di lokasi wisata telah disediakan tempat mencuci tangan.

Sudah divaksin

Langkah selanjutnya sebagai proteksi tambahan agar kegiatan berwisata nyaman dan aman adalah dengan melakukan vaksinasi terlebih dulu. Apalagi belakangan ini pemerintah tengah gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat, jadi momen ini harus dimanfaatkan dengan baik.

Namun demikian, bila Anda sudah divaksin tidak lantas abai dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Tetap patuhilah prokes dan arahan-arahan para staf di destinasi wisata tujuan. Yaitu dengan tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak fisik minimal satu meter.

Lakukan pembayaran nontunai

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, maka kini ada sejumlah langkah yang bisa mulai diaplikasikan. Contohnya adalah dengan seminimal mungkin melakukan pembayaran secara tunai.

Begitu pun halnya ketika berwisata, usahakan untuk membayar tiket memanfaatkan pola pembayaran secara online atau nontunai. Ini termasuk saat berbelanja atau membeli aneka kebutuhan selama di perjalanan maupun saat di destinasi wisata.

Posting Komentar

0 Komentar