Ticker

6/recent/ticker-posts

Daftar Rempah-rempah yang Baik Untuk Kesehatan

(Foto: Source Google/HonestDocs)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, Indonesia dianugerahi begitu banyak sumber daya alam yang bisa dinikmati. Di antaranya adalah rempah-rempah yang biasanya banyak digunakan atau tersedia di dapur sebagai pelengkap bumbu masak.

Namun nyatanya rempah-rempah juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk digunakan sebagai obat herbal. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh saja, bahkan hingga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut sejumlah rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, yang telah dirangkum Bogor24.id dari berbagai sumber.

Kayu manis

Seperti rasanya, kayu manis atau cinnamon memang memiliki manfaat yang juga manis. Rempah-rempah ini mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang berkontribusi terhadap beragam manfaat kayu manis untuk kesehatan.

Salah satu potensi khasiat kayu manis yang menakjubkan adalah untuk mengendalikan gula darah. Manfaat ini dijalankan kayu manis dengan beberapa cara, seperti melambatkan pencernaan karbohidrat serta meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

Kunyit

Rempah-rempah ini selalu menjadi andalan dalam menyedapkan masakan. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, senyawa yang memiliki efek antiradang. Bahkan diperkirakan khasiat antiradang kurkumin tersebut bisa disandingkan dengan beberapa obat antiradang.

Sebagai informasi, bahwa peradangan dapat menjadi faktor penyebab dari berbagai penyakit kronis.

Jahe

Populer dengan salah satu manfaatnya untuk menghangatkan badan, jahe pun memiliki efek terkenal untuk meredakan mual. Mual yang dapat dibantu diatasi oleh jahe termasuk yang disebabkan oleh morning sickness, kemoterapi dan mabuk laut. Tidak sampai di situ, jahe pun memiliki efek antiradang serta berkhasiat untuk meredakan rasa sakit.

Cengkeh

Cengkeh telah ditemukan ahli memiliki efek antimikroba, sehingga mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme termasuk bakteri E.coli.

E.coli dapat menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan seperti diare, kelelahan bahkan kematian. Sifat antimikroba cengkeh juga ditemukan berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut.

Posting Komentar

0 Komentar