Ticker

6/recent/ticker-posts

Daftar Komponen Motor yang Harus Rutin Diganti

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Setiap komponen motor mempunyai usia pakai. Oleh karena itu, pemiliknya wajib melakukan pemeriksaan dan penggantian secara berkala. Hal tersebut bagian dari perawatan agar kendaraan selalu dalam kondisi prima, sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman ketika dikendarai.

Tapi sayangnya tidak setiap pemilik motor melakukan perawatan atau servis secara rutin. Padahal jika membiarkan komponen bekerja dalam kondisi tidak sempurna dan tidak melakukan perawatan atau perbaikan berkala justru malah akan menimbulkan potensi bahaya dan kerugian berupa biaya yang lebih besar.

Ini adalah sejumlah komponen motor yang wajib diperiksa atau diganti secara berkala, seperti penjelasan mekanik di bengkel resmi salah satu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) motor di Kota Bogor, Baehaqi kepada Bogor24.id, Minggu (22/8/2021).

Oli mesin

Komponen ini mempunyai tugas dan fungsi melumasi seluruh bagian mesin untuk menghindari terjadinya gesekan antarkomponen di dalamnya. Maka oli mesin wajib diperhatikan dan mesti diganti secara berkala.

"Idealnya, pelumas ini diganti setiap empat bulan sekali atau 4.000 kilometer (mana yang lebih dulu tercapai). Namun, durasi pakai itu kembali lagi dengan melihat rute perjalanan, jarak dan kondisi jalanannya," kata Baehaqi.

Karena akan berbeda waktu penggantiannya misal bagi motor yang kerap dipakai di kawasan perkotaan yang identik dengan kemacetan dengan yang digunakan di daerah dengan tingkat kemacetan yang relatif kecil.

Saringan udara

Selanjutnya komponen yang kerap luput dari perawatan pemilik motor yaitu saringan udara, padahal komponen ini sama-sama memiliki peran yang cukup vital.

Disebutkan Baehaqi, bila saringan udara tidak dilakukan penggantian secara berkala akan menyebabkan komponen pada sistem pembakaran menjadi cepat aus dan perbaikannya pun memerlukan biaya yang besar karena harus dilakukan overhaul di bagian atas mesin.

"Maka, saringan udara ini wajib diganti secara periodik setiap 16.000 kilometer. Dengan begitu dipastikan motor akan aman dan nyaman dikendarai, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak akan besar," paparnya.

Kampas rem

Komponen lainnya dari motor yang wajib diperiksa dan diganti secara rutin adalah kampas rem. Karena memang komponen yang satu ini masuk ke dalam salah satu spare part yang akan lebih rutin untuk diperiksa atau diganti, mengingat tugas dan fungsinya untuk menghentikan laju kendaraan lantaran berkaitan juga dengan keselamatan.

Mengingat pentingnya fungsi sistem pengereman ini, maka wajib hukumnya untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan atau penggantian. Jika dilihat ketebalan kampasnya mulai menipis atau jarak pengereman yang terasa mulai jauh, jangan tunda untuk segera menggantinya.

Busi

Lantaran busi memiliki fungsi untuk memantikkan api pada sistem pembakaran, maka komponen yang satu ini wajib pula diganti setiap jarak sudah menempuh 8.000 kilometer.

"Karena kalau busi sudah kotor dan telah melewati batas masa pakainya, maka nantinya tidak akan bekerja dengan sempurna. Jadi, baiknya busi ini pun diganti rutin," ujar Baehaqi.

Kampas kopling

Kampas kopling yang sudah aus akan membuat kinerja motor menjadi tidak maksimal. Itu karena komponen ini tidak bisa mentransmisikan tenaga lantaran mengalami kendala seperti yang dikenal dengan istilah slip kopling.

"Salah satu gejala kampas kopling yang sudah mulai aus adalah mengalami slip, ini lantaran sebagai dampak dari keausan pada permukaan kampasnya," ucap Baehaqi.

Posting Komentar

0 Komentar