Ticker

6/recent/ticker-posts

Ciri Khas Perayaan Hari Kemerdekaan yang Cuma ada di Indonesia

(Foto: Prokompim Kota Bogor)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap 17 Agustus biasanya disambut sukacita seluruh lapisan masyarakat, umumnya mereka akan sangat antusias menyambutnya dengan menggelar berbagai kegiatan untuk menyambut dan menyemarakkannya.

Meski sudah dua tahun terakhir ini tidak ada lagi kemeriahan dalam merayakan hari kemerdekaan lantaran dalam situasi pandemi, namun ini ada beberapa hal yang telah menjadi ciri khas masyarakat dan bahkan perayaan peringatan hari kemerdekaannya terbilang unik dan menarik serta hanya ada di Indonesia.

Paskibraka

Meskipun di negara lain juga menggelar seremonial berupa upacara, namun ada yang berbeda dengan pelaksanaan di Indonesia. Yaitu adanya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), di mana pasukan khusus ini merupakan para pelajar sekolah tingkat atas yang telah melalui proses seleksi super ketat.

Anggota Paskibraka ini perwakilan pelajar dari seluruh provinsi di Indonesia yang telah melalui sejumlah tahapan seleksi jauh sebelum hari H untuk mengemban tugas penting mengibarkan bendera merah-putih di Istana Negara Jakarta.

Sebelum masa pandemi, mereka tidak saja akan tampil langsung di hadapan presiden, wakil presiden beserta seluruh jajaran menteri dan mantan presiden, Paskibraka juga akan disaksikan para petinggi dan perwakilan negara-negara asing, tapi jutaan pasang mata yang menyaksikan melalui siaran televisi.

Tetapi, keberadaan Paskibraka juga ada di tiap-tiap daerah. Bukan saja di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, namun sampai di level bawah seperti kecamatan.


(Foto: Prokompim Kota Bogor)


Perlombaan

Seperti seolah sudah menjadi tradisi yang selalu ada di setiap perayaan hari kemerdekaan, yang unik, menarik dan membedakannya dengan bangsa lain adalah digelarnya sejumlah perlombaan.

Lomba seperti tarik tambang, panjat pinang, makan kerupuk, memasukkan jarum ke dalam botol hingga lomba joget dan lomba bakiak akan menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Belum lagi ditambah dengan keunikan lainnya dari masing-masing daerah.




Menghias lingkungan

Sama halnya dengan tradisi perlombaan, setiap tahunnya dalam menyambut "agustusan" ini hampir seluruh wilayah di Indonesia akan menghias lingkungannya masing-masing semenarik mungkin dengan tema kemerdekaan dan nasionalisme.

Tidak hanya mendekorasi gapura dan melengkapinya dengan bendera berbagai ukuran, pun akan dipasang pula umbul-umbul hingga mengecat bertema merah-putih maupun lainnya yang berkorelasi dengan kemerdekaan, perjuangan hingga isu terkini.




Doa Bersama

Untuk yang terakhir ini sama-sama menjadi ciri khas yang otentik di setiap perayaan HUT RI. Untuk keselamatan, mengenang jasa para pahlawan dan kebaikan bangsa ke depannya, biasanya digelar acara doa bersama.

Tidak saja tepat saat tanggal 17 Agustus, biasanya tradisi ini dilakukan tengah malam sehari sebelumnya. Umumnya ini digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang diikuti para unsur pimpinan daerah bersama sejumlah elemen masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar