Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut Kesalahan Orang Gunakan Masker

(Foto: Aysha Salsabila/Bogor24.id)



Penulis: Aysha Salsabila
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Tahun kedua pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang harus beradaptasi dan menjalani kebiasaan baru, satu di antaranya adalah penggunaan masker.

Aturan mengenai penggunaan masker ini bahkan telah diinstruksikan pemerintah kepada semua orang sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir potensi terpapar Covid-19. Sehingga akan dikenakan sanksi kepada setiap pelanggarnya. Mulai dari teguran sampai pemberian sanksi denda.

Namun sayangnya masih banyak warga yang kerap melakukan kesalahan dalam penggunaan masker. Entah pemakaiannya yang tidak benar, menggunakan masker hingga berkali-kali dan melepasnya ketika melakukan kontak atau sedang berbicara dengan orang lain.

Berikut adalah sejumlah kesalahan orang dalam penggunaan masker yang banyak ditemui dalam keseharian.

Tidak menggunakan masker saat keluar rumah

Kesalahan pertama yang sering ditemui adalah masih adanya orang yang tidak menggunakan masker, padahal kelalaiannya itu dapat meningkatkan risiko terpapar Covid-19 semakin tinggi. Apalagi bila yang bersangkutan keluar rumah melakukan berbagai aktivitas seperti mengunjungi pasar atau tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang.

Sementara kita tidak pernah tahu dengan riwayat perjalanan atau rekam medis orang lain yang ditemui di luar rumah itu. Apakah mereka dalam kondisi sehat, orang yang tidak bergejala atau bagaimana.

Jadi, baiknya gunakanlah selalu masker kemanapun Anda pergi atau beraktivitas. Anda jangan pernah abai, merasa sehat. Harus diingat, jangan sampai atas sikap acuh dan egois mengancam kesehatan dan keselamatan orang-orang tercinta di sekitar kita.

Lepas masker saat berbicara

Masih berkorelasi dengan poin di atas, bahwa kesalahan ini pun kerap ditemui. Di mana masih seringkali ditemukan orang yang melepas masker ketika berbicara. Jangan pernah merasa kita melakukan kontak atau berbicara dengan orang yang dikenal, sehingga masker dilepas.

Ada baiknya agar masker selalu kita pakai dengan baik dan benar untuk melindungi diri dari potensi terpapar Covid-19, bahkan dari orang yang kita kenal.

Lepas masker saat olahraga

Tidak digunakannya masker juga kerap dilakukan orang saat berolahraga, hanya karena alasan sulit bernafas. Iya, tidak masalah bila aktivitas tersebut dilakukan sendirian di rumah. Tapi, menjadi wajib jika berolahraga bersama-sama dan di luar rumah.

Sekali lagi harap diingat, bahwa potensi paparan virus ini masih sangat tinggi. Meski Anda merasa sudah divaksin dan tubuh dalam kondisi sehat.

Tidak mengganti masker secara rutin

Seperti diketahui bahwa masker mempunyai batas waktu dan usia pemakaian. Untuk itu penting agar membuang masker medis atau mencuci masker berbahan kain secara rutin.

Sebab, selama beraktivitas menggunakan masker dipastikan akan banyak sekali kotoran yang menempel. Sehingga bila masker digunakan secara terus-menerus tanpa diganti akan membuat efektivitas dan fungsi pelindungnya berkurang dan bahkan tidak ada.

Untuk penggunaan masker medis sendiri, para ahli menyarankan agar rutin menggantinya minimal maksimal setiap empat jam sekali. Sementara untuk masker kain setidaknya setiap hari dicuci.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebersihan masker. Caranya adalah dengan membuang masker medis bekas pakai dan rutin mencuci masker kain.

Tidak menggunakan masker berlapis

Selain akan mengurangi ancaman terpapar, penggunaan masker berlapis (dobel) telah dianjurkan pemerintah. Sebab, langkah itu efektif dapat meminimalisir kita terpapar Covid-19. Tapi, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) lainnya.

Mengenai pemakaian masker berlapis ini pun kerap masih salah. Yang benar adalah untuk lapisan yang pertama masker medis, baru kemudian dilapis kedua atau bagian luar masker berbahan kain.

Masker di dagu

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan yaitu pemakaian masker dengan tidak tepat. Yaitu masker yang menempel di bagian dagu saja dan tidak menutupi bagian hidung, mulut serta dagu.

Jika sudah begitu akan menjadi percuma lantaran masker tidak melindungi bagian hidung, karena virus ini masih tetap akan masih bisa masuk melalui mulut.

Posting Komentar

0 Komentar