Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagaimana Cara Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar?

(Foto: Andri Budiman/Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR, Bogor24.id -- Menutup kap mesin mobil bisa dikatakan hal yang mudah dilakukan, hanya saja perlu diketahui cara yang benar supaya kap mesin tidak penyok atau pengait kuncinya tidak rusak.

Umumnya, selama ini ada dua cara yang dilakukan para pemilik mobil untuk menutup kap mesin. Yaitu dengan dibanting atau ditekan. Lantas, sebenarnya bagaimana cara yang benar menutupnya?

Iman, mekanik salah satu bengkel mobil umum di Kota Bogor menyebutkan, bahwa soal cara menutup kap mesin ini sudah tercantum di dalam buku manual pemilik kendaraan. Hanya saja, tidak sedikit pemilik yang kerap tidak membaca atau mengabaikannya.

Menurutnya, cara yang paling aman adalah dengan cara membantingnya. Yaitu dengan kap mesin diangkat terlebih dahulu dengan ketinggian sekitar 15 cm sampai 20 cm, lalu dilepaskan.

"Angkat kap mesin mobil sekitar 15 cm sampai 20 cm, baru setelah itu dibanting atau dilepaskan. Tapi, sebelum melepasnya pastikan di bagian bawah atau tepian mesin tidak ada kunci-kunci yang tertinggal atau bahkan tangan untuk memghindari supaya tidak ada yang terjepit," jelas Iman.

Dikatakannya, bila menutup kap mesin dengan cara ditekan bahwa dikhawatirkan akan menyebabkan kap mesin rusak atau penyok, atau pengait kunci yang ada di rangka patah.

"Karena bobot, berat dan konstruksi kap mesin tiap-tiap mobil berbeda. Kita tidak tahu mana yang kuat atau yang ringan. Jadi, baiknya membanting merupakan cara yang paling ideal buat menutup kap mesin mobil," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar