Ticker

6/recent/ticker-posts

Alasan Kenapa Ban Mobil yang Bagus Dipasang di Depan

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: M Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR, Bogor24.id -- Sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, maka wajib hukumnya memperhatikan dan melakukan perawatan secara periodik terhadap ban. Perawatannya pun terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara yang mudah dan umum dilakukan untuk merawat alas roda ini seperti memeriksa secara rutin tekanan udara, pengecekan kembangan atau alurmya, melakukan rotasi ban hingga memasang ban yang masih masih bagus (tebal) di bagian roda belakang. Keempat metode ini sebagai upaya untuk menjaga keawetan, performa dan tentunya keselamatan dalam berkendara.

Khusus untuk cara yang keempat yaitu memasang ban yang masih tebal di roda belakang, dikarenakan jika bagian buritan mengalami slip akan sulit untuk dikendalikan. Sementara bagian depan akan lebih mudah lantaran masih dapat dikendalikan karena adanya setir yang dikemudikan pengendaranya.

"Jadi, untuk perawatan ban ini ada banyak ragamnya. Satu di antaranya adalah dengan memasang ban yang kondisinya masih cukup baik di belakang. Ini lebih untuk kenyamanan dan keselamatan si pengendaranya. Ketika mengalami slip, ban belakang masih bisa diajak bermanuver atau berakselerasi," jelas mekanik di salah satu bengkel umum mobil di Kota Bogor, Iman kepada Bogor24.id, Selasa (24/8/2021).

Oleh sebab itu, ketika pemilik mobil tidak melakukan penggantian ban secara menyeluruh untuk keempat rodanya, misal hanya satu atau dua saja, maka baiknya dipasang di bagian belakang.

"Jangan justru malah sebaliknya, yaitu pasang di depan. Itu tidak sarankan. Alasannya seperti yang saya sampaikan tadi, supaya handling-nya baik mengikuti akselerasi dengan kedua ban depannya," papar Iman.

Posting Komentar

0 Komentar