Ticker

6/recent/ticker-posts

WFH Seratus Persen Manfaatkan Rawat Mobil

(Foto-foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan A.

BOGOR, Bogor24.id -- Pemerintah sudah resmi menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di tengah lonjakan kasus penyebaran Covid-19 di berbagai daerah, tak terkecuali di Kota Bogor.

Imbas dari kebijakan tersebut adalah dengan membatasi secara ketat sejumlah sektor yang bertujuan untuk mengurangi aktivitas dan mobilitas masyarakat, salah satunya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) seratus persen di bidang non esensial.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan perawatan rutin yang bersifat ringan cukup dilakukan sendiri dan tetap di rumah. Yaitu dengan membersihkan kendaraan secara menyeluruh mulai dari eksterior hingga interior.

Karena di masa PPKM Darurat ini mungkin akan berdampak terhadap berkurangnya mobilitas dan intensitas penggunaan kendaraan kesayangan. Sehingga Anda bisa memiliki banyak waktu luang untuk melakukan perawatan.

Lantaran masa pandemi yang masih terus berlangsung dan bahkan kondisinya cenderung kian mengkhawatirkan, maka kebersihan mobil kesayangan menjadi hal yang mutlak untuk menghindari adanya virus yang bersarang terutama di dalam kabin.



Jika dibandingkan eksterior, ada baiknya Anda untuk mulai melakukan perawatan dari interior yang meliputi seluruh bagian dalam kabin. Mulai dari material berbahan plastik, kulit, krom sampai karet seperti dashboard, door trim, tuas transmisi, pelapis jok sampai karpet dasar. Pastikan semuanya dibersihkan secara menyeluruh, terutama yang sering disentuh tangan macam pegangan pintu berikut tombol-tombol yang ada, setir, tuas transmisi sampai sistem hiburan di kendaraan.

Untuk membersihkan bagian kabin mobil Anda cukup menggunakan sabun batang bayi yang aman baik untuk material yang ada di mobil maupun untuk penumpang. Namun untuk memastikan lagi kebersihannya, bisa juga menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh segala macam bakteri, kuman dan virus yang mungkin bersarang di bagian tersembunyi kabin.

Gunakan disinfektan dengan kandungan alkohol tidak lebih dari 70 persen. Hal ini untuk menghindari kerusakan material atau panel kendaraan akibat efek samping dari cairan disinfektan.

Usahakan juga cuci bersih semua karpet lantaran sering diinjak dan berpotensi meninggalkan bermacam kotoran termasuk virus. Sikat dengan air mengalir dan menggunakan sabun, lalu keringkan dengan cara dijemur sampai kering dan selama proses pembersihan interior mobil biarkan semua pintu dalam keadaan terbuka untuk memberikan sirkulasi udara.

Jika sudah selesai barulah beranjak ke bagian eksterior mobil, yaitu dengan mencuci harus sama bersihnya dengan interior. Pencucian bagian luar ini untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel mulai dari atap, kaca, bodi sampai kolong mobil.

Apabila seluruh tahapan selesai dilakukan, tutuplah mobil kesayangan dengan cover meskipun kendaraan disimpan atau diparkir di dalam garasi. Hal ini untuk menjamin kendaraan tetap bersih dan terhindar dari kotoran dan debu.

Posting Komentar

0 Komentar