Ticker

6/recent/ticker-posts

Ruang Perawatan Penuh, 6 Ribu Pasien Covid-19 Kota Bogor Isoman

(Foto: Istimewa)




Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S.

BOGOR KOTA, Bogor24.id -- Tercatat sebanyak enam ribu pasien Covid-19 di Kota Bogor saat ini menjalani isolasi mandiri (isoman) baik di pusat isolasi wilayah, pusat isolasi Kota Bogor maupun di rumah masing-masing.

Kondisi itu terjadi karena penuhnya kapasitas tempat tidur di ruangan khusus perawatan pasien Covid-19 yang tersedia, karena jumlah keseluruhannya hanya sebanyak 1.200 tempat tidur.

Melihat kondisi tersebut membuat Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meminta kepada Satgas Covid-19 di wilayah untuk memaksimalkan pendataan terhadap pasien yang sedang melakukan isoman.

"Artinya masih ada sekitar 6.000 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi. Baik di pusat isolasi wilayah dan pusat isolasi Kota Bogor maupun isoman di rumah masing-masing. Makannya kami minta Satgas Covid-19 wilayah harus mendata secara teliti siapa-siapa pasien yang sedang isoman," kata Dedie, Senin (12/7/2021).

Dengan kondisi tersebut, tentunya ada risiko tingkat penyebaran virus yang lebih tinggi lagi. Oleh sebab itu, dia meminta semua jajaran di wilayah mulai dari kecamatan, kelurahan, LPM, kader hingga karang taruna ikut membantu melakukan pendataan yang lebih maksimal terhadap pasien isoman.

Pendataan itu meliputi lokasi warga yang terpapar, kemudian berapa banyak orang yang kontak erat serta segera melakukan konsolidasi dengan lurah atau camat. 

Dedie juga meminta semua unsur tersebut memastikan mereka yang tidak melakukan isolasi di rumah sakit mesti mendapatkan perhatian fasilitas kesehatan di tingkat wilayah, seperti puskesmas.

"Paling tidak mendapat obat standar saja, itu yang penting. Jadi sudah dipastikan bahwa rumah sakit di Kota Bogor tidak mampu menampung semua pasien yang membutuhkan. Tapi kita tidak bisa tinggal diam, harus ada visitasi," terang Dedie.

Berdasarkan data yang ada, pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan berjumlah 7.514 orang. Sementara kapasitas ruangan khusus perawatan pasien Covid-19 di Kota Bogor hanya berjumlah sekitar 1.200 tempat tidur.

Posting Komentar

0 Komentar