Ticker

6/recent/ticker-posts

Perhatikan Ini Supaya Jual Mobil Bekas Cepat Laku

(Foto-foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR, Bogor24.id -- Menjual mobil kesayangan bisa dibilang gampang-gampang susah, bahkan buat beberapa pemiliknya hal itu sulit dilakukan. Padahal jika Anda mengetahui triknya, pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melepas kendaraan kesayangan. Ini agar bisa mendapatkan harga yang pantas sesuai ekspektasi, dan harga mobil yang ditawarkan tidak terlalu jatuh.

Eksterior

Lantaran bagian ini yang pasti akan mendapatkan sorotan utama dari calon pembeli, maka pastikan kondisinya cukup bersih dan terawat. Seperti ada idiom yang mengatakan bahwa kesan pertama harus menggoda.

Cuci bersih bagian bodi mobil, bila perlu sekalian dipoles supaya tampilannya lebih kinclong. Apalagi bila kondisinya mulus tidak ada baret atau penyok, cat masih orisinil, tentu akan menjadi nilai plus dan membuat calon pembeli tertarik.

Bersihkan dengan detail seluruh bagian eksterior kendaraan mulai dari atap, bodi, kaca, gril sampai kaki-kaki. Pelek tidak ada baret atau peyang, alur atau kembangan juga masih tebal.



Interior

Selesai urusan eksterior, kini berlanjut ke bagian interior. Tak kalah pentingnya dengan bagian luar, kondisi di dalam kabin kendaraan juga bahkan harus lebih bersih. Kondisi yang bersih akan meyakinkan calon pembeli jika kendaraan yang diincarnya masih dalam keadaan baik dan terawat.

Bila memungkinkan, sama halnya dengan bagian eksterior maka akan jadi keunggulan bila interior ini pun dipoles di beberapa bagiannya. Seperti dashbord, doortrim, panel-panel instrumen hingga jok.

Ruang mesin

Soal kebersihan kendaraan yang akan dijual juga jangan hanya di bagian yang terlihat langsung oleh mata saja, namun harus memperhatikan bagian yang tertutup seperti halnya mesin.

Selain memastikan kinerjanya masih bekerja dengan baik, Anda juga harus memperhatikan kebersihan mesin. Apalagi biasanya bagian ini kerap terlewatkan saat mobil dicuci. Maka sekali lagi bagian jantung pacu ini harus sama-sama mendapatkan perhatian dan dijaga kebersihannya.

Fungsi instrumen

Setelah soal kebersihan selesai digarap, kini waktunya untuk memeriksa kembali secara detail seluruh fungsi instrumen yang ada di mobil untuk memastikan semuanya berfungsi dengan normal.

Cek mulai dari bagian lampu-lampu (lampu utama, lampu sein sampai lampu kabin), tombol-tombol instrumen seperti power window, central lock, power electric spion (jika yang sudah dilipat), pendingin ruangan (AC) dan sistem hiburan (audio-video jika ada).



Kelengkapan kendaraan

Beranjak pada inspeksi berikutnya adalah pemeriksaan kelengkapan kendaraan. Periksa satu per satu item yang ada seperti dongkrak dan kunci-kuncinya, ban serep, buku manual pemilik kendaraan (jika masih ada), segitiga pengaman, bahkan akan lebih bagus lagi jika di dalam kendaraan tersedia kotak P3K dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Dokumen kendaraan

Soal yang satu ini pun tak kalah pentingnya, jadi pastikan dokumen seperti STNK dan BPKB lengkap. Akan lebih baik lagi bila pajak kendaraan tidak ada tunggakan.

Gunakan platform jual beli online

Untuk lebih memudahkan Anda menjual mobil dan berpeluang akan dilihat lebih banyak calon pembeli, maka bisa memanfaatkan platform situs jual-beli online. Pilihlah yang mempunyai reputasi bagus.

Foto yang menarik

Lantaran menggunakan situs aplikasi jual-beli online, maka hasil foto yang bagus menjadi syarat mutlak. Tapi, meskipun hanya menggunakan kamera ponsel tidak perlu risau akan hasil yang tidak memuaskan.

Terpenting adalah sudut pengambilan gambar yang tepat dan memotret seluruh bagian mobil secara detail. Sehingga calon pembeli akan mempunyai gambaran jelas akan kendaraan yang dilihatnya dan tertarik melakukan penawaran.

Posting Komentar

0 Komentar