Ticker

6/recent/ticker-posts

Mau Ke Taman Sabana Cibedug? Simak Tipsnya

(Foto: Source Google Aal Al Ayyubi)



Penulis: Devina Putri
Editor: Donni Andriawan S.

CIBEDUG, Bogor24.id -- Taman Sabana atau padang rumput di Cibedug memang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang gemar petualangan dan suasana alam yang sesungguhnya. Sebab, di sini setiap pengunjung bisa dengan leluasa mengeksplore keindahan alamnya.

Tapi dikarenakan lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dengan posisi yang berada di dataran tinggi, maka ada baiknya untuk menyimak sejumlah tips berikut agar perjalanan kesana aman dan nyaman.

Meski waktu tempuh tidak lebih dari satu jam jika mengawalinya di pusat Kota Bogor, tapi rute menuju ke taman sabana menanjak dengan jalanan yang sempit. Belum lagi ketika sudah mulai memasuki jalanan kampung yang menuju ke lokasi, rutenya semakin menantang.

Bukan saja karena lebar jalan yang semakin sempit, tapi ada beberapa bagiannya yang relatif jelek. Belum lagi kondisinya yang terus menanjak. Maka dibutuhkan keahlian mengemudi yang mumpuni dan kendaraan yang prima.

Tapi, Bogor24.id menyarankan agar sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua. Selain lebih simpel, juga cocok untuk menerabas medan jalan ke taman sabana itu. Namun tetap harus berhati-hati, apalagi saat melintasi kawasan perkampungannya.

Lantaran padang rumput ini bukanlah destinasi wisata resmi yang mempunyai pengelolaannya, maka untuk masuk kesini tidak dipungut biaya. Entah itu untuk tiket masuk atau membayar parkir kendaraan, membeli makanan dan minuman atau bayar toilet.

Jadi, ketika akan ke taman sabana Anda harus mempersiapkan dengan baik semuanya. Mulai dari perbekalan, Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan hingga perlengkapan dokumentasi yang wajib dibawa. Pastikan alat-alat ini terutama baterainya dalam keadaan penuh. Mungkin jika hanya menggunakan kamera ponsel bisa membawa bank daya (power bank).

Meski belum diketahui apakah di tempat ini bisa digunakan untuk berkemah, tapi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin seharian berada di sini menikmati setiap sudutnya. Bawalah minimal matras atau sejenisnya, hammock bila perlu. Karena dijamin Anda akan betah berlama-lama di sini.

Tapi yang harus selalu diingat kemanapun kita melakukan perjalanan, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Siapkan wadah atau kantong untuk menyimpan semua sampah yang kita hasilkan, terlebih destinasi alam. Karena, sampah tidak saja akan mengganggu keindahan dan kenyamanan pengunjung yang lain, juga akan merusak ekosistem yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar