Ticker

6/recent/ticker-posts

Lepaskan Kepenatan di Curug Panjang

(Foto: Pemkab Bogor)



Penulis: Andri Budiman
Editor: Donni Andriawan S

MEGAMENDUNG, Bogor24.id -- Kabupaten Bogor khususnya di wilayah selatan sudah selayaknya bersyukur lantaran telah dianugerahi alam yang luar biasa. Karena di kawasan yang terkenal dengan hawa sejuknya ini memiliki begitu banyak panorama dan sumber daya alam yang dapat dinikmati banyak orang, di antaranya melalui sektor pariwisata.

Karena kondisi alamnya yang seperti itulah tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata Puncak. Ini disebabkan mereka ingin menikmati indah dan segarnya daerah yang berbatasan dengan Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, salah satunya adalah Wanawisata Curug Panjang di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Sesuai namanya, destinasi wisata yang satu ini merupakan air terjun (curug, dalam bahasa Sunda) yang benar-benar sangat alami, bersih, sunyi dan letaknya yang berada jauh ke pedalaman. Meski tidak terlalu tinggi, bukan berarti Curug Panjang kehilangan pesonanya.

Meski air terjun itu sebagai atraksi utamanya, namun di Curug Panjang ini mempunyai beberapa hal menarik lainnya yang bisa dinikmati wisatawan. Selain bermain air, di sini pengunjung juga bisa treking, berswafoto atau mengambil banyak gambar bagi yang gemar fotografi. Bahkan hanya sekadar duduk-duduk santai lesehan menikmati pesonanya dari bibir kolam air.

Namun demikian, demi keselamatan setiap pengunjung, pihak pengelola melarang untuk melompat atau berenang di kolam air terjunnya. Larangan tersebut dikeluarkan karena dalamnya dasar kolam dan adanya pusaran air di bagian bawahnya. Oleh sebab itu, ada baiknya semua pengunjung untuk mematuhi aturan tersebut.

Tapi meski wisatawan mungkin merasa sedikit kecewa atau tidak puas, masih bisa bermain air di bagian bawah curug tersebut lantaran aliran airnya tidak begitu deras dan cukup aman untuk keselamatan. Namun bagi Anda yang membawa anak-anak harap mengawasi mereka dengan ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjangkau Curug Panjang, pengunjung harus berjalan kaki dari area parkirnya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan. Tapi, durasi tersebut tergantung dari langkah kaki kita. Apakah ingin santai saja sambil menikmati pemandangan atau memang terburu-buru lantaran tak sabar ingin segera melihat indahnya air terjun ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Panjang, pihak pengelola hanya memasang tarif tiket masuknya sebesar Rp 15.000 saja. Harga tersebut diluar biaya penitipan helm Rp 2.000 dan barang bawaan lainnya dengan tarif seikhlasnya.

Dengan biaya yang dikeluarkan di atas, Anda bisa sepuasnya menikmati Curug Panjang dan alam sekitarnya sekaligus melepaskan kepenatan, menghilangkan stres dan rileksasi mendengarkan suara alam nan syahdu. Yaitu suara gemericik air dan kicauan burung.

Posting Komentar

0 Komentar