Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Penyebab Borosnya Bahan Bakar

(Foto: Dok. Bogor24.id)



Penulis: M. Sopiyan
Editor: Donni Andriawan S

BOGOR, Bogor24.id -- Bukan hanya karena kapasitas mesin besar saja yang menjadi penyebab borosnya bahan bakar kendaraan (mobil dan motor), namun ada faktor lain yang turut jadi penyumbangnya.

Tentu bahan bakar yang boros sangat menjengkelkan pemilik kendaraan, karena otomatis yang paling terasa dampaknya adalah besarnya biaya atau anggaran yang harus dikeluarkan.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya, satu di antaranya adalah perilaku berkendara. Seperti misalnya cara berkendara yang agresif dengan memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak apalagi dibantu engine brake.

Untuk menyiasatinya, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap cara kita berkendara. Usahakan menginjak gas mobil atau menarik gas motor secara halus, diayun, dan bukan dilakukan secara spontan.



Sebab, dengan cara mengendarai kendaraan secara kasar seperti itu akan membuat konsumsi bahan bakar boros. Tidak itu saja, perilaku buruk itu juga akan memperpendek usia komponen kendaraan.

Bila menggunakan mobil dengan transmisi manual, lakukan perpindahan gigi dengan halus dan perlahan. Jangan sampai menyentak injakan pedal gas yang dalam dan langsung memacu kendaraan. Begitu pun dengan mobil bertransmisi otomatis (matik), lakukan hal serupa. Injak pedal gas perlahan dan sesuaikan dengan indikator RPM yang tertera di Multi Information Display (MID) dashboard kendaraan.

Berkendaralah dengan wajar, santun, beretika dan milikilah rasa empati. Bukan saja akan menghemat pengeluaran anggaran untuk biaya bahan bakar, perilaku berkendara dengan berpedoman pada empat hal di atas juga akan menciptakan iklim lalu lintas yang aman dan nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar